Pentingnya Sertifikasi Keahlian PBJ/Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah – PBJ/Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah adalah Kegiatan Pengadaan Barang/Jasa oleh Kementrian/Lembaga/Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Sejak diundangkan pada tahun 2021 di Jakarta, Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah diberlakukan sebagai penganti perpres 16 Tahun 2018. Sejalan pula dengan ketentuan tersebut semua peraturan dan tata laksana yang lain harus menyesuaikan.

Sertifikasi adalah

Sebuah penetapan yang diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi terhadap seseorang bahwa orang tersebut telah memenuhi standar kompetensi. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, sertifikasi kompetensi kerja adalah proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, Standar Internasional, dan/atau Standar Khusus. Artinya, kemampuan yang memiliki akan diakui dan mendapatkan lisensi resmi dan diakui sebagai profesional. Sertifikasi ini akan menunjukkan bahwa kompetensi ASN telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga. Sertifikasi sangat umum digunakan dalam bidang konstruksi, penerbangan, teknologi, keuangan, lingkungan, sektor industri, bisnis, pendidikan, dan kesehatan.

Pentingnya Sertifikasi PBJ

Guna membekali para peserta yang akan dipersiapkan oleh instansinya untuk menjadi PPK, Pejabat Pengadaan, Pokja Pemilihan dan PPHP/PjPHP agar memahami Perpres Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) yang dapat diimplementasikan.

  • Diperlukan untuk menjadi Persyaratan mengikuti Ujian Sertifikasi berbasis kompetensi
  • Diperlukan sebagai prasyarat untuk menjadi Pelaku Pengadaan Barang/Jasa seperti Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan, dan Anggota Kelompok Kerja Pemilihan (setidaknya hingga pemberlakuan persyaratan Sertifikat Berbasis Kompetensi berlaku)
  • Diperlukan sebagai prasyarat Pembentukan bagi para Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  • Diperlukan sebagai penunjang karir bagi ASN untuk menempati posisi persyaratan tertentu, dalam hal ini di beberapa Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah mempersyaratkan kepemilikan Sertifikat ini untuk menduduki posisi tertentu, seperti Kepala Bidang.
  • Diperlukan untuk mempertahankan Tambahan Penghasilan Pegawai, di beberapa daerah hal ini memang diperlukan untuk posisi tertentu, biasanya beberapa daerah memotong separuh Tambahan Penghasilan Pegawai bagi ASN nya yang tidak memiliki sertifikat ini
  • Diperlukan untuk para pihak yang ingin mengikuti ujian Calon Pengawai Negeri Sipil, khususnya bagi peserta yang mengikuti formasi Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, syarat ini tidak menjadi syarat yang menggugurkan, namun bila dimiliki tentunya akan memberi poin lebih

PITMA adalah Professional Training yang menyediakan Pelatihan, Training, dan Bimtek bagi anda yang membutuhkan. Materi yang kami berikan disesuaikan dengan kebutuhan anda dengan basis output pelatihan best practice untuk anda. silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya. DISINI

Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan lainnya dari kami, cek selengkapnya disini.

PITMA – Professional Training

Taman Griya Indah III – Blok H-201 , Jalan Tambak. Ngestiharjo, Yogyakarta 55182

Telepon / Fax 0274 – 556329