Logo-Pitma-Jogja
Search

Penyusunan pelaporan keuangan SKPD

DESKRIPSI

Konsep pembangunan yang terintegrasi mulai dari perencanaan sampai penganggaran sangat diperlukan oleh aparat pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan tupoksi dan aturan aturan yang telah ditentukan dalam perundangan. Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut diatas, maka perlu upaya untuk peningkatan kapasitas SDM, khususnya SDM perencana di tingkat pusat dan di tingkat daerah melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Perencanaan dan Penganggaran

Pada sisi perencanaan, perkuatan perlu dilakukan dari sisi proses penyusunan perencanaan, kapasitas kelembagaan, serta ketersediaan dan kapasitas data dan statistik. Selain itu, untuk mewujudkan rencana pembangunan nasional yang baik, maka perlu adanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi antardaerah, antarruang, antarwaktu, antarfungsi pemerintah, serta antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.

Dari aspek penganggaran kemampuan menganalisis kebutuhan, menjamin efisiensi serta efektivitas pengalokasian sumber daya keuangan sangat diperlukan. Sedangkan dari sisi pelaksanaan, perencanaan harus juga memberikan arahan dan langkah­ langkah dan pengendalian untuk menjamin pelaksanaan rencana dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

TUJUAN

Peserta mampu melakukan penyusunan Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan Keuangan,

MATERI

  • Pemaparan teknis mengenai Penyusunan Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan Keuangan
  • Perencanaan, penganggaran dan laporan keuangan untuk mewujudkan WTA, WTP dan WBK dengan goal akhir adalah Good Governance dan Clear Government.  
  • Pemaparan hal teknis mengenai Penyusunan Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan