Mengenal Document Management System
Document Management System (DMS) merupakan sebuah sistem komputer (atau seperangkat program komputer) yang digunakan untuk menelusuri dan menyimpan dokumen elektronik dan gambar pada dokumen. DMS bermanfaat dalam mengefektifkan dan mengefisienkan proses bisnis. Manfaat yang utama adalah pengguna dapat menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat membantu proses menjadi lebih cepat, baik dan murah.
Sedangkan menurut (Laserfiche, 2007) sistem management dokumen adalah suatu sistem untuk menyederhanakan siklus pengelolaan dokumen bisnis atau organisasi. Sebuah sistem manajemen file guna mendukung otomatisasi dan konsistensi organisasi dan seluruh dokumen kebijakan
Manfaat DMS
Ada beberapa maanfaat document management system diantaranya adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan produktivitas proses bisnis
DMS dapat membantu penambahan produktivitas pekerja dimana pekerja dapat mengakses dan beraksi dengan
informasi yang lebih cepat dan tepat. - Meningkatnya response time proses bisnis
Pencarian file dokumen, update dokumen, dan pendistribusian dokumen digital dapat dilakukan jauh lebih cepat dengan DMS. - Mengurangi total biaya dokumen dan meningkatkan efisiensi ruang penyimpanan DMS dapat mengurangi biaya – biaya, karena dimensi penyimpanan file digital yang jauh lebih kecil dan lebih murah daripada sistem penyimpanan file konvensional.
- Menurunkan biaya tambahan Dengan menerapkan DMS, maka biaya-biaya overhead untuk penyimpanan dokumen konvensional seperti : kertas, foto-copy filing cabinet dapat ditekan sampai dengan nol persen.
- Mengurangi resiko kehilangan ataupun kerusakan dokumen Dengan menyimpan dokumen secara digital, gangguan rayap jelas akan dinihilkan 100%. Gangguan yang lain seperti kebakaran dapat diminimalisasi dengan sistem penyimpanan yang lebih canggih daripada sekedar dokumen kertas konvensional.
- Document Sharing Melalui DMS,
pemakaian dokumen dapat dilakukan secara bersamaan oleh beberapa user sekaligus.
Pelatihan Document Management System
Dalam pelatihan document management system ini peserta akan diajarkan cara untuk menyiapkan dan menggunakan struktur dokumen yang tepat menggunakan drawer dan folder dalam E-Filing Management System, kemudian maintain database, hingga kedalam studi case penerapan document management system sesuai dengan situasi permasalahan nya masing-masing. Silahkan cek disini untuk info lebih detail terkait dengan pelatihan document management system
Materi Pelatihan
- Pengenalan E-Filing Management System
- Enterprise Content Management Systems
- Teknologi E-Filing
- Penerapan Membership dan Security
- Penerapan Document Management
- Pengenalan aturan bisnis
- Menerapkan workflow
- Menerapkan versi dokumen
Narasumber Pelatihan
–
Itulah sedikit info terkait dengan Pelatihan DMS, bagi anda yang ingin atau berminat dalam mengikuti pelatihan ini silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya .
Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan IT lainnya dari kami , cek selengkapnya disini.
Simak juga
- Pelatihan Disaster Recovery Planning
- Training Keuangan di Yogyakarta
- Pelatihan IT Pengelolaan Big Data
PITMA – Professional Training
Taman Griya Indah III – Blok H-201 , Jalan Tambak. Ngestiharjo, Yogyakarta 55182
Telepon / Fax 0274 – 556329