Logo-Pitma-Jogja
Search

Pelatihan IT Pengelolaan Big Data dan Pemanfaatannya

Mengenal Definisi Big Data

Sebagai bentuk dari derasnya arus informasi yang terus berkembang, Big Data merupakan fenomena baru yang terjadi. Adanya data yang terus bertambah, maka perlu adanya pengelolaan khusus. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Heer dan Kandel (dalam Lemieux, 2014)

Big Data merupakan sebuah istilah yang diberikan pada kumpulan data yang beukuran sangat besar dan kompleks, sehingga tidak memungkinkan untuk diproses menggunakan perangkat pengelola database konvensional ataupun aplikasi pemroses data lainnya.

Big data mempunyai kapasitas yang tidak dapat ditentukan secara pasti ukurannya. Besarnya ukuran yang dihasilkan, maka pengolahan Big data memerlukan upaya yang tinggi dari segi penganalisa (data analyst), software, dan hardware. Arsitektur Big data harus disinkronkan dengan dukungan infrastruktur dari organisasi itu sendiri. Teknologi Big data bertujuan untuk meminimalkan biaya perangkat keras dan pemrosesan serta untuk memverifikasi nilai Big data sebelum menjalankan sumber daya perusahaan secara signifikan. Big data yang dikelola dengan baik diharapkan dapat diakses,andal, aman, dan mudah dikelola

Menurut Hilbert dan Lopez, ada 3 pemicu yang menyebabkan perkekmbangan Big Data antaralain adalah sebagai berikut

  • Pesatnya pertambahan kemampuan penyimpanan data
  • Pesatnya pertambahan kemampuan mesin pemrosesan data
  • Ketersediaan data yang melimpah

Pelatihan IT Pengelolaan Big Data

Pelatihan Big Data akan membantu meningkatkan kemampuan diri anda dibidang Big Data baik secara umum maupun secara pemahaman praktis. Hasilnya adalah peserta mendapatkan gambaran pengelolaan Big Data sesuai dengan sudut pandang eksekutif serta peserta mendapatkan solusi konkret dan cara pengambilan keputusan dari penanganan data berjumlah besar. Kasus pengolahan Big Data disesuaikan pada latar belakang segmen peserta ; pemerintah, industri dan akademik.

Kemudian dari segi tujuan pelatihan ini diantaranya adalah agar peserta memahami konsep dasar Big Data, kemudian peserta memahami teknologi Big Data, dan Peserta mengetahui gambaran penerapan Big Data pada beberapa instansi.

Materi Pelatihan Pengelolaan Big Data

  • Big Data Fundamental : The Landscape, Concept & Terminology, Big Data Characteristic,  Types of Data Sources, Big Data dan Business Intelligence 
  • Storage Concepts: Clusters, Distributed File Systems, NoSQL, Sharding, Replication
  • Processing Concepts: Batch/MapReduce, Realtime/Streaming, Analysis Methods
  • Deployment Scenario , Data Visualizations: D3JS, Tableau Hadoop Multi Node Cluster
  • Demo Interactive Query pada Real Environment Big Data/Sentiment Analysis/Media Analytics
  • Big Data Analysis Implementation 
  • Studi Kasus dan Pemanfaatan Teknologi Big Data

Narasumber Pelatihan

Itulah sedikit info terkait dengan Pelatihan IT Pengelolaan Big Data , bagi anda yang ingin atau berminat dalam mengikuti pelatihan ini silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya. 

Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan IT lainnya dari kami , cek selengkapnya disini.

Simak juga

PITMA – Professional Training

Taman Griya Indah III – Blok H-201 , Jalan Tambak. Ngestiharjo, Yogyakarta 55182

Telepon / Fax 0274 – 556329

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?