Logo-Pitma-Jogja
Search

Pelatihan Keuangan Berbasis Akrual

Pelatihan Keuangan Berbasis Akrual

Keuangan Berbasis Akrual, Apa itu ?

Akuntansi berbasis akrual merupakan international best practice dalam pengelolaan keuangan modern yang sesuai dengan prinsip New Public Management (NPM) yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan (Kemenkeu, 2014). Menurut PP 71Tahun 2010 basis akrual adalah basis akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat transaksi dan peristiwa itu terjadi, tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas diterima atau dibayar.

Kebijakan pelaksanaan akuntansi pemerintahan berbasis Akrual telah diatur pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 64 Tahun 2013. Beralihnya dari kebijakan akuntansi cash basis menjadi accrual basis agar dapat memperlihatkan kondisi keuangan pemerintah daerah tidak hanya saat masuk dan keluarnya uang tunai. Kebijakan akuntansi pemerintah daerah berisi unsur-unsur pokok dari Standar Akuntansi Pemerintahan  yang dijabarkan dalam pemilihan suatu metode akuntansi, baik dalam pengakuan, pengukuran, dan pengungkapan. Oleh karena itu kebijakan akuntansi merupakan pedoman operasional akuntansi bagi fungsi-fungsi akuntansi baik di SKPKD maupun di SKPD

Manfaat Keuangan Berbasis Akrual

International Federation of Accountants-Public Sector Committe (IFAC) dalam Study 14 mengatakan bahwa manfaat penerapan akuntansi berbasis akrual adalah diperolehnya informasi,yang memungkinkan pemangku kepentingan (stakeholder) menilai akuntabilitas pengelolaan seluruh sumber daya entitas serta penyebaransumber daya, menilai kinerja, posisi keuangan dan arus kas dari suatu entitas, dan pengambilan keputusan mengenai penyediaan sumber daya,atau melakukan bisnis dengan suatu entitas (IFAC,2003). Selain itu, Pemerintah Indonesia menerapkan basis akuntansi akrual karena basis ini memiliki manfaat yaitu memberikan gambaran yang utuh atas posisi keuangan pemerintah, menyajikan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah, bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja pemerintah terkait biaya jasa layanan,efisiensi, dan pencapaian tujuan (Kemenkeu,2014).

Pelatihan Keuangan Berbasis Akrual

Kami menyediakan pelatihan keuangan berbasis akrual bagi anda yang membutuhkan , pelatihan yang kami berikan berbasis best practice sesuai dengan case yang anda hadapi di lapangan. Dalam pelatihan ini akan disajikan cara dalam mengidentifikasi, mengkalasifikasi dan menyusun laporan keuangan yang tepat sesuai kebijakan akuntansi pemerintahan berbasis akrual.

Materi Pelatihan

  • Konsep dan Siklus Akuntansi Pemerintah Daerah
  • Gambaran umum Standar Akuntansi Pemerintahan
  • Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah
  • Akuntansi Pendapatan
  • Akuntansi Beban-Belanja
  • Aset tetap dan penyusutannya
  • Akuntansi konstruksi dalam pengerjaan
  • Kebijakan Akuntansi Dana Cadangan
  • Kebijakan Akuntansi Kewajiban
  • Konsolidasi Laporan Keuangan
  • Koreksi Kesalahan

Narasumber Pelatihan

Enny Susana S,Kom M.m

Itulah sedikit info terkait dengan pelatihan keuangan berbasi akrual, bagi anda yang ingin atau berminat dalam mengukit pelatihan ini silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya. 

Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan Keuangan lainnya dari kami , cek selengkapnya disini.

Simak juga

Pelatihan Online Analisa Kebutuhan Diklat

Pelatihan Audit Fraud menggunakan ACL

PITMA – Professional Training

Taman Griya Indah III – Blok H-201 , Jalan Tambak. Ngestiharjo, Yogyakarta 55182

Telepon / Fax 0274 – 556329

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?