Logo-Pitma-Jogja
Search

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah

Deskripsi

Ruang lingkup pengelolaan keuangan daerah mencakup keseluruhan kegiatan pengelolaan keuangan daerah, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan daerah. Keuangan daerah merupakan semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dapat dinilai dengan uang termasuk didalamnya segala bentuk kekayaan yang berhubungan dengan hak dan kewajiban daerah. Penatausahaan keuangan daerah sebagai bagian dari pengelolaan keuangan daerah akan memegang peranan penting dalam proses pengelolaan keuangan daerah secara keseluruhan. Oleh karena itu, kualitas sumber daya manusia di bidang penatausahaan dan akuntansi keuangan daerah harus diperkuat, agar pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah dapat berjalan dengan baik.

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah memberikan pemahaman keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan daerah. Pengelolaan keuangan daerah yang diatur dalam peraturan menteri ini meliputi kekuasaan pengelolaan keuangan daerah, azas umum dan struktur APBD, penyusunan rancangan APBD, penetapan APBD, penyusunan dan penetapan APBD bagi daerah yang belum memiliki DPRD, pelaksanaan APBD, perubahan APBD, pengelolaan kas, penatausahaan keuangan daerah, akuntansi keuangan daerah, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan daerah, kerugian daerah, dan pengelolaan keuangan BLUD.

Durasi

3 – 4 Hari

Tujuan

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang Keuangan Daerah khususnya dalam hal penatausahaan keuangan daerah sehingga peserta diharpak akan mampu melakukan tugas penatausahaan keuangan daerah. Pelatihan ini ditujukan kepada pegawai pemerintah daerah yang menangani penatausahaan dan pembendaharaan keuangan daerah.

Materi Pelatihan

  1. Konsep Keuangan sesuai SAK (Standard Akuntansi Keuangan)
  2. Klasifikasi Rekening (account) dalam pengelolaan keuangan
  3. Fungsi manajemen keuangan
  4. Peran Manajemen Keuangan
  5. Fungsi Control Cash dan Cash
  6. Laporan Keuangan, Klasifikasi Account, dan Transaksi
  7. Hukum-hukum dasar akuntansi yang berkaitan dengan transaksi
  8. Pencatatan & Dokumen Transaksi: Pembuatan & analisa dokumen, posting jurnal
  9. Anggaran Biaya, implementasi dan pengendaliannya
  10. Best Practices dalam pengelolaan keuangan daerah

Narasumber

PITMA adalah Professional Training yang menyediakan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah bagi anda yang membutuhkan. Materi yang kami berikan disesuaikan dengan kebutuhan anda dengan basis output pelatihan best practice untuk anda. silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya.

Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan Pemda lainnya dari kami, cek selengkapnya disini.

PITMA – Professional Training Jogja

Pondok Permai 1, Blok B2, Jl. Tambak No.2, Sumberan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55182

Telepon / Fax 0274 – 556329

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?