Logo-Pitma-Jogja
Search

Pentingnya Fungsi Sistem Manajemen Keamanan SI Daerah

Thumbnail-Manajemen-Keamanan-SI

Fungsi Sistem Manajemen Keamanan SI Daerah

Dalam Fungsi Sistem Manajemen Keamanan SI daerah saat ini sedang disoroti , Penggunaan TIK yang kompleks menjadi ancaman Keamanan Informasi, Keamanan Informasi meliputi aspek kerahasiaan hingga ketersediaan layanan, sehingga mengganggu kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik. Peran sumber daya informasi dan TIK semakin penting bagi upaya peningkatan kualitas layanan dalam upaya perwujudan good governance.

Dalam bentuk Fungsi sistem manajemen keamanan SI daerah, faktor keamanan informasi menjadi aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Aspek ini penting karena mencapkup kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity) dan ketersediaan (availability) 3. Ancaman tersebut membutuhkan sebuah tata kelola keamanan informasi di setiap organisasi/ instansi tidak terkecuali instansi penyelenggara pelayanan publik milik pemerintah. Demikian perlu ditingkatkan kesiapan dan kewaspadaan terhadap ancaman serangan keamanan informasi pada instansi pemerintah terutama pada infrastruktur kritis milik pemerintah. 

Langkah Konkrit Penerapan Sistem Manajemen Keamanan SI Daerah

KOMINFO menghimbau seluruh instansi pemerintah penyelenggaraan pelayanan publik serta instansi pemerintah yang memiliki infrastruktur vital dalam peningkatan kesadaran keamanan informasi. Himbauan tersebut dilakukan melalui berbagai cara, mulai dari sosialisasi maupun bimbingan teknis (bimtek). Pemerintah telah mengeluarkan regulasi atau kebijakan terkait dengan tata kelola keamanan informasi. Berupa Undang-Undang, Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika hingga Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika.

Sasaran regulasi tersebut adalah untuk terwujudnya penerapan tata kelola keamanan informasi di lingkungan instansi pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah. Dalam menerapkan tata kelola keamanan informasi di lingkungan instansi pemerintah dibutuhkan kesiapan baik yang mencakup beberapa aspek, di antaranya; infrastruktur, perencanaan, dana/finansial dan kesiapan sumber daya manusia. Dengan demikian, kajian ini ditujukan untuk menggali dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan instansi pemerintah untuk menerapkan tata kelola keamanan informasi

Kami PITMA adalah provider pelatihan Jogja yang menyediakan paket Pelatihan Manajemen Keamanan Sistem Informasi Pemerintah Daerah  bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Dari sisi output atau tujuan dalam pelatihan ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Memahami konsep dasar Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI)
  2. Melakukan evaluasi keamanan informasi dengan Indeks KAMI dari segi peran TIK,
  3. Tata kelola, risiko, kerangka kerja, pengelolaan aset, dan teknologi
  4. Mengetahui standar SMKI berdasarkan ISO 27001
  5. Menyusun dokumentasi kebijakan dan prosedur SMKI berbasis template
  6. Memahami tahapan penerapan SMKI di instansi pemerintah daerah

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?