Logo-Pitma-Jogja
Search

Pentingnya Jaringan Fiber Optik di Era 5.0

Fiber Optik adalah sebuah teknologi transmisi sinyal kabel yang menggunakan benang (serat) kaca atau plastik. Kabel Fiber optic mampu mentransmisi pesan modulasi ke gelombang cahaya. Serat kaca biasanya memiliki diameter sekitar 120 mikrometer yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain hingga jarak 50 km tanpa menggunakan repeater. Sinyal-sinyal gelombang dapat berupa pengkodean komunikasi suara atau data-data komputer. Fiber optik sendiri memiliki banyak jenis, ada yang berupa kabel untuk ditanam, digantung (outdoor) ada juga yang dalam ruangan (indoor) sering disebut tight buffer. Untuk jenis kabel fiber optic ada dua macam tipe yaitu singlemode dan multimode. Fiber optik umumnya digunakan sebagai backbone pada jaringan komputer. Fiber optik dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan antar gedung, antar kota bahkan antar pulau.

Fiber Optik merupakan suatu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus, dan digunakan sebagai media transmisi karena dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dengan kecepatan tinggi. Komponen jaringan ini memiliki kecepatan transmisi yang tinggi dengan menggunakan pembiasan cahaya sebagai prinsip kerjanya. Sumber cahaya yang digunakan untuk proses transmisi adalah laser atau LED.

Saat ini teknologi fiber optik merupakan teknologi yang paling mutakhir dan cukup populer dalam komunikasi data berupa data, suara, gambar dan video. Karena keandalan dan kualitas serat optik ini menjadi salah satu alasan kantor pemerintah atau swasta mulai beralih menggunakan serat optik dalam jaringan komunikasi data baik internet maupun intranet. Apalagi bagi kantor-kantor pemerintah daerah yang sudah mulai menerapkan e- Government dan memiliki server-server aplikasi yang dapat diakses secara simultan melalui jaringan internet maupun internet dengan query data yang besar. Disinilah perananan kabel serat optik menjadi sangat besar digunakan untuk membangun backbone jaringan dengan bandwidth yang besar dalam mentransmisi informasi yang ada dengan kecepatan tinggi hingga mencapai  beberapa gigabit per detik. Sehingga Sehingga pemerintah daerah dapat memberikan layanan publik semakin cepat dan efisien.

Kami PITMA adalah provider pelatihan jogja yang menyediakan paket Pelatihan Pengelolaan Jaringan Fiber Optik di Era 5.0 bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Manfaat dan tujuan dari pelatihan setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat:

  1. Melakukan perancangan jaringan dengan teknologi fiber optic
  2. Memahami dan dapat mengimplementasi jaringan fiber optic
  3. Memahami dan dapat mengoptimalkan jaringan menggunakan jaringan fiber optic

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?