Logo-Pitma-Jogja
Search

Pentingnya Mengetahui Manajemen Kebencanaan

Apa itu Manajemen Kebencanaan

Manajemen Kebencanaan  adalah Suatu proses terencana yang dilakukan untuk mengelola bencana dengan baik dan aman. Penanggulangan bencana adalah serangkaian upaya, meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang berisiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi. Menurut UU No. 24 Tahun 2007, manajemen bencana merupakan proses dinamis, berlanjut dan terpadu guna meningkatkan kualitas observasi dan analisis, serta pencegahan bencana.

Bencana (disaster) ialah suatu peristiwa yang mengancam dan mengganggu hidup masyarakat, penyebabnya antara lain adalah faktor alam dan non alam. Bencana mampu mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, hialngnya harta benda serta dampak psikologis bagi yang mengalaminya. 

Fungsi Manajemen Bencana

Tujuan manajemen bencana diantaranya adalah mencegah, mengatasi dampak bencana termasuk manusia, bangunan hingga harta benda. Kemudian mengurangi kesengsaraan kehidupan korban, hingga pelaksanaan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi dalam konteks pembangunan.

Kami PITMA adalah provider pelatihan Jogja yang menyediakan paket Pelatihan Tujuan Manajemen Kebencanaan bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Dari sisi output atau tujuan dalam pelatihan ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Memahami konsep manajemen darurat sehingga efektif Control Yang Dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.
  2. Memahami konsep Proses Kesiapsiagaan Darurat dan sistem untuk mempersiapkan Darurat Kesiapan Sistem di tempat kerja.
  3. Mencegah kesimpangsiuran dalam menghadapi keadaan emergency (tidak gugup atau panik)
  4. Sebagai upaya untuk meminimalkan dan mencegah terjadinya korban jiwa, kerusakan harta benda/aset perusahaan dan lingkungan kerja akibat kecelakaan atau bencana.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?