Logo-Pitma-Jogja
Search

Peran dan Manfaat E-Government di Indonesia

Menjelaskan tetang peran dan manfaat e-governtmen di indonesia

Perkembangan Teknologi Informasi telah diimplementasikan secara luas dalam membantu proses kerja suatu organisasi. Tidak terkecuali di dalam organisasi pemerintah, implementasi teknologi Informasi dan komunikasi memberikan dampak yang signifikan dalam kesuksesan pengelolaan birokrasi. Implementasi teknologi Informasi dan komunikasi di pemerintahan dikenal dengan istilah e-Government. Pemerintahan elektronik atau e-Government (berasal dari kata Bahasa Inggris electronics government, juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government) adalah penggunaan teknologi Informasi oleh pemerintah untuk memberikan Informasi dan pelayanan bagi warganya, baik terkait urusan bisnis, atau hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.

Menurut PBB (2006), e-Government didefinisikan sebagai penggunaan Internet and the worldwide-web dalam rangka pelayanan Informasi dari pemerintah kepada masyarakat. Sedangkan definisi e-Government menurut Jeong (2007), e-Government adalah pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi untuk memperbaiki dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan kepada masyarakat, yang dalam pelaksanaannya melibatkan berbagai elemen dari pemangku kepentingan. 

E-Government dapat diaplikasikan pada pada semua ranah pemerintahan, diantaranya mulai dari administrasi publik, legislatif bahkan yudikatif. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan public yang cepat dan efektif, bahkan dapat mewujudkan proses kepemerintahan yang lebih demokratis. Dari hal tersebut tentunya, E – government menjadi salah satu hal yang bisa diwujudkan di Indonesia. Apalagi basis sistem pemerintahan nya adalah demokrasi.

Kami PITMA menyediakan pelatihan Penyusunan Renstra/Master Plan TIK E-Government bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Manfaat dan Tujuan dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut :

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat 

  1. Memahami konsep dasar dan manfaat penerapan TIK
  2. Mengetahui definisi dan komponen dalam suatu IT Master Plan
  3. Memahami dan menerapkan proses identifikasi kebutuhan untuk TIK
  4. Memahami dan menerapkan proses evaluasi dan penilaian penerapan TIK
  5. Memahami dan menyusun portofolio proyek TIK
  6. Menyusun IT Master Plan yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?