Apa itu Java Programming?
Banyak orang menyebut bahwa Java merupakan bahasa pemrograman yang powerful. Hal ini mengingat sifatnya yang multiplatform dan dikenal memiliki library yang lengkap. Oleh sebab itu, tak heran bila Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini.
awal mulanya Java dibuat untuk kebutuhan platform independent yang dapat di embedded dalam bermacam-macam consumer electronic products seperti pemanggang roti dan refrigerator (kulkas). Salah satu proyek pertama yang dikembangkan menggunakan Java adalah personal hand-held remote control yang dinamakan Star 7. Pada saat yang sama, World Wide Web (WWW) dan Internet sedang mengalami masa kepopuleran. Gosling menyadari bahwa Java dapat digunakan untuk pemrograman Internet.
Java programming kian berkembang hingga bahasa pemrograman nomor satu saat ini. Berdasarkan sumber dari spectrum.ieee.org, Java masuk dalam 10 bahasa pemrograman paling populer di dunia dan menempati urutan pertama.
TUJUAN PELATIHAN
- Sintaks dasar bahasa pemrograman Java 2 seperti variabel, operator, kendali alur, array, dan kelas String
- Konsep pemrograman berbasis objek (Object-Oriented Programming) seperti kelas, objek, metode, enkapsulasi, pewarisan, dan konstruktor
- Cara penggunaan berbagai tool Java seperti NetBeans IDE
- Cara pembuatan dan penggunaan kelas dan objek di Java
- Cara pembuatan aplikasi berbasis GUI dengan teknologi Java Swing
- Cara pembuatan file JAR untuk distribusi aplikasi ke para pengguna
MATERI
1. Elemen Dasar Java
- Kerangka Program Java
- Kompilasi dan Eksekusi Program Java
- Variabel
- Cast dan Promosi Variabel
- Operator
- Prioritas Operator
2. Kendali Alur Program
- Penggunaan If, Else If, Else
- Penggunaan While dan Do While
- Penggunaan For
3. Array Java
- Deklarasi Array Java
- Inisialisasi Array Java
4. String Java
- Null dan Empty String
- Membandingkan String
- Argumen
- Modifikasi String
- Penggunaan StringBuffer dan StringBuilder
5. Kelas Java
- Kelas dan Objek Java
- Metoda Java
- Enkapsulasi
- Konstruktor
- Overloading Konstruktor
6. Pewarisan
- Konsep Pewarisan
- Overriding Metoda
7. Static
- Static Modifier
- Variabel Static
- Blok Static
8. Eksepsi
- Kategori Eksepsi
- Melempar Eksepsi
- Pembuatan Kelas Eksepsi Sendiri
9. Pembuatan GUI dengan Swing
- JFrame
- Container
- JLabel
- Input Teks
- JButton
10. Grafis 2D Java
- Frame
- Font
- Color
- Teknik Menggambar Grafis 2D
11. Penanganan Event
- ActionListener
- Interface Penanganan Event
- MouseListener
12. JAR dan Package
- Pembuatan File JAR
- Pembuatan Package
- Import Package
Narasumber
–
PITMA adalah Professional Training yang menyediakan Training Basic Java Programming bagi anda yang membutuhkan. Materi yang kami berikan disesuaikan dengan kebutuhan anda dengan basis output pelatihan best practice untuk anda. Silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya.
Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan IT lainnya dari kami, cek selengkapnya disini
PITMA – Professional Training
Taman Griya Indah III – Blok H-201 , Jalan Tambak. Ngestiharjo, Yogyakarta 55182
Telepon / Fax 0274 – 556329