Logo-Pitma-Jogja
Search

Training SDM Teknik Penyusunan SOP

Mengenal Teknik Penyusunan SOP

Prosedur penyusunan SOP merupakan sebuah siklus, yang dimulai dari penilaian kebutuhan SOP (SOP Need Assessment), pengembangan SOP (SOP Development), penerapan SOP (SOP lmplementation), hingga monitoring dan evaluasi SOP (SOP Monitoring and Evaluation) dan jika dari hasil evaluasi perlu dilakukan penyempurnaan ataupun pembuatan SOP yang baru, maka proses dimulai kembali dari tahapan penilaian kebutuhan SOP.

Manfaat Teknik Penyusunan SOP

Menurut penjelasan  menteri pendayagunaan aparatur negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008),  manfaat SOP secara umum bagi organisasi adalah:

  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
  2. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  3. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
  4. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  5. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  6. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
  7. Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
  8. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
  9. Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

Training Teknik Penyusunan SOP

Training Teknik penyusunan SOP ini disajikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi tentang penyusunan prosedur operasional standar yang benar. Banyak organisasi yang mengabaikan ini karena dipandang tidak terlalu penting. Tetapi, sejarah bisnis telah membuktikan bahwa organisasi yang mampu bertahan dan terus berkembang adalah yang memiliki pedoman yang jelas dan dipahami secara jelas dan standar oleh anggotanya.

Pelatihan ini memberikan prinsip-prinsip penyusunan SOP yang efektif yang tidak hanya memuat hal-hal teknis penyusunan , tetapi juga mencakup latar belakang dan arti penting penyusunan SOP dan juga hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penyusunan SOP yang efektif. Pelatihan ini juga dilakukan secara gamblang sehingga mudah dimengerti karena dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis di perusahaan. Model pembelajaran yang berhasil akan menjadi pola dalam pelatihan ini.

Materi Pelatihan

  • Organisasi dalam Konteks Pemahaman Sistem
  • Mengapa perlu ada sistem di dalam organisasi?
  • Mengapa perlu ada Standard Operating Procedures?
  • Unsur-unsur Standard Operating Procedures
  • Manfaat Teknis Standard Operating Procedures
  • Kontrol Intern dan Standard Operating Procedures
  • Hambatan-hambatan Penyusunan Standard Operating Procedures
  • Metode dan Teknik Penyusunan Standard Operating Procedures
  • How to write Standard Operating Procedures

Narasumber Pelatihan

Itulah sedikit info terkait dengan Pelatihan DMS, bagi anda yang ingin atau berminat dalam mengikuti pelatihan ini silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya .

Ingin tahu selengkapnya tentang Pelatihan IT lainnya dari kami , cek selengkapnya disini.

Simak juga

PITMA – Professional Training

Taman Griya Indah III – Blok H-201 , Jalan Tambak. Ngestiharjo, Yogyakarta 55182

Telepon / Fax 0274 – 556329

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?