Logo-Pitma-Jogja
Search

Rumus Microsoft Excell yang Sering Dipakai

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1987. Aplikasi ini banyak dipakai oleh sejumlah profesi seperti di bidang administrasi dan akuntansi. Salah satu kelebihan yang ditawarkan Microsoft Excel adalah tersedianya beragam formula atau rumus yang dapat digunakan untuk menghitung data. Masing-masing rumus memiliki fungsi yang berbeda-beda, misalnya untuk menjumlahkan dan mengurangi bilangan hingga menghitung nilai rata-rata yang ada di dalam sebuah dokumen.
Di antara beragam jenis rumus yang tersedia di Microsoft Excel, terdapat 10 jenis rumus yang  sering digunakan oleh pengguna. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya di bawah ini.

SUM

SUM adalah sebuah rumus dasar yang berfungsi untuk menjumlahkan data atau menghitung total data yang terdapat pada sebuah kolom (cell), data pada sebuah range, hingga beberapa data yang terdapat dalam sejumlah range sekaligus.

Cara penulisan rumus SUM di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =SUM(cell pertama:cell terakhir) Contoh penggunaan rumus SUM di Microsoft Excel:  Apabila ingin menghitung total penjumlahan nominal dari A dan B di Microsoft Excel, maka pengguna harus memasukkan rumus SUM yang disertai nama kolom yang ingin dijumlahkan.

DfWHjSgOQXyI3gHQPuy geRz4dnfsle5x0mtKcEcfVQZNczjTlpz7h7uFGZDtd5id

AVERAGE 

AVERAGE merupakan salah satu fungsi di Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata. Cara penulisan rumus AVERAGE di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =AVERAGE(cell pertama:cell terakhir) Contoh penggunaan rumus AVERAGE di Microsoft Excel: Apabila ingin mencari nilai rata-rata dari bilangan A dan B di Microsoft Excel, maka pengguna harus memasukkan rumus AVERAGE yang disertai nama kolom bilangan.

mKsQYY6H6JxK0olLR5qrMSXWLD80UZjxP DsR0

IF

Fungsi IF kerap digunakan untuk membuat perbandingan atau perkiraan nilai dari banyak data. Data yang dicari dapat bernilai Benar atau Salah. Cara penulisan rumus IF di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =IF(nilai yang ingin dicari; [jika nilai sesuai maka Benar];[jika nilai tidak sesuai maka Salah] Contoh penggunaan rumus IF di Microsoft Excel: Pengguna ingin menentukan apakah nilai yang dimiliki seorang murid sudah melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Nilai KKM ditentukan berada pada angka 70. Apabila nilai melebihi 70 maka akan dianggap TUNTAS dan di bawah 70 akan dianggap REMEDIAL. Maka yang harus dilakukan pengguna adalah menggunakan rumus IF sebagaimana berikut ini.

XxrIIAOqVePOeTsDIeeJVE2

MAX 

MAX adalah sebuah fungsi yang dapat menampilkan nilai data terbesar dari sekumpulan nilai dari sejumlah data. Cara penulisan rumus MAX di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =MAX(cell pertama:cell terakhir) Contoh penggunaan rumus MAX di Microsoft Excel: Pengguna ingin menentukan nilai tertinggi dari deretan nilai yang ada, menggunakan rumus MAX seperti berikut ini.

qyW AQjGKMzvMbjZYClVvr5j2N0pZ9uUh1nxqc9DhqvrjLmM1tpzbTjYbD1MiNMNJs 4L5vVSnOd04qCv5fxGxzTExfzuk2DuETJenYJcG0ZYsG0jEPzh7gp9RVNtK4fJH6A0 MW=s0

MIN

MIN adalah sebuah fungsi yang dapat menampilkan nilai data terkecil dari sekumpulan nilai dari sejumlah data. Cara penulisan rumus MIN di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =MIN(cell pertama:cell terakhir) Contoh penggunaan rumus MIN di Microsoft Excel: Pengguna ingin menentukan nilai terkecil dari deretan nilai yang ada, menggunakan rumus MIN seperti berikut ini.

jS2T5muujky1mW1IqupIzQLdFRE1WGFKWp7u4j6DQ0hzLRSJre6larLQn1hperl3Wb0C5 SxQHWwYe22WDHqBJ7uFAlhONouzihLwusQEGaM62Cje XsMV4joiNs Frot CGzFc=s0

COUNT 

COUNT merupakan sebuah rumus yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel yang terdapat pada range. Cara penulisan rumus COUNT di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =COUNT(cell pertama:cell terakhir) Contoh penggunaan rumus COUNT di Microsoft Excel: Pengguna ingin menentukan berapa banyak nilai yang terdapat pada kolom Nama, menggunakan rumus COUNT seperti berikut ini.

DE7jWlzZrECU8YAnXmjukyjAI4r52zLHXJ06fp21I3svbX6OKfOVhF7Rjk 0yOElgupuuf0Snm9PHGD9MgzXz5kH6ETV9B7jjfkAVRS4I99HENB JfvYwI6J2NfS4EVhKUF 9 ZI=s0

MATCH 

MATCH adalah sebuah fungsi yang umum digunakan untuk mencari posisi sebuah nilai tertentu pada range yang terdapat pada sebuah kolom atau baris, namun bukan keduanya. Cara penulisan rumus MATCH di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type]) Contoh penggunaan rumus MATCH di Microsoft Excel: Pengguna ingin mencari posisi nama Kevin, menggunakan rumus MATCH seperti berikut ini.

QxOsgJTo9ulPXTV7uFAB2Wsds9YXAlqCCBue9xSczBT8us2qLpYmUhJjjGqFzTweRvs

FIND 

Seperti namanya, FIND berfungsi untuk mencari huruf atau teks pada sebuah kalimat di Microsoft Excel. Cara penulisan rumus FIND di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =FIND(find_text, within_text, [start_num]) Contoh penggunaan rumus FIND di Microsoft Excel: Pengguna ingin mencari posisi kata “ingin” dalam kalimat “Aku ingin belajar Microsoft Excel”, menggunakan rumus FIND seperti berikut ini.

DATE 

DATE adalah rumus yang kerap digunakan untuk menghasilkan informasi berdasarkan keterangan waktu yang terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun. Cara penulisan rumus DATE di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =DATE(tahun,bulan,tanggal) Contoh penggunaan rumus DATE di Microsoft Excel: Pengguna hendak mencantumkan keterangan tanggal 20 September 2009 di Microsoft Excel, menggunakan rumus DATE seperti berikut ini.

Tv1 mddQtk9R5MyYuJNG1CFpgY3XGMwOZUf3Cj3jQz9F61JYrkgZ9C8 RsZlWCT9CrFniSWjbvfyyOVy elBGm3Qp X16QiG l9imtHUVTDjRCGrTMUVTLhCWXorzQwMapS6Aa=s0

CHOOSE

CHOOSE digunakan untuk memilih dan menampilkan sebuah nilai berdasarkan nomor indeks atau urutan tertentu. Cara penulisan rumus CHOOSE di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =CHOOSE(index_num, nilai1, [nilai2], …) Contoh penggunaan rumus CHOOSE di Microsoft Excel: Pengguna ingin mencari nomor indeks 2 pada sebuah tabel, menggunakan rumus CHOOSE seperti berikut ini.

HUtx8sgP

VLOOKUP 

VLOOKUP merupakan sebuah rumus yang dapat menampilkan data dari suatu tabel yang disusun dalam format vertikal. Cara penulisan rumus VLOOKUP di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =VLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilainya atau tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH) Contoh penggunaan rumus VLOOKUP di Microsoft Excel:

EoviLpTkZIkT B3fG8payoCMrggljfKKEDvSyKFpobNJnSl9S4j38uwX0jWi3Y7s2OgeBE8VX0g0smVkTCd2o1ZjFnjvSJXTHgsQASNqu6zTR0msIZYvIrl4Wi skIvoM4d2iqrq=s0

HLOOKUP 

HLOOKUP dapat digunakan untuk menampilkan data dari suatu tabel yang disusun dalam format horizontal. Cara penulisan rumus HLOOKUP di Microsoft Excel adalah sebagai berikut: =HLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilaian atau tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH) Contoh penggunaan rumus HLOOKUP di Microsoft Excel:

ifAG8Mjnpjw2acCNxgndn1Hbe48J J1WRD7BI2sbfsp5mPS4Xpu0R Is7j3ZpR7HJG2zNyvC0 8PxAgv teQy 8G5pfQlUZhubX8qIOUSkpdWSdPJMUGQmpBfA1AtdTPiCbfrQiS=s0

PITMA adalah Professional Training yang menyediakan Training Microsoft Excel for Business Users bagi anda yang membutuhkan. Materi yang kami berikan disesuaikan dengan kebutuhan anda dengan basis output pelatihan best practice untuk anda. silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya. DISINI

Ingin tahu selengkapnya tentang Training IT lainnya dari kami, cek selengkapnya disini.

PITMA – Professional Training Yogyakarta

Taman Griya Indah III – Blok H-201 , Jalan Tambak. Ngestiharjo, Yogyakarta 55182

Telepon / Fax 0274 – 556329

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan