Logo-Pitma-Jogja
Search

Setting Kamera Untuk Outdoor

Setting Kamera Untuk Outdoor

Setting Kamera Untuk Outdoor – Sebelum Anda melakukan kegiatan memotret. Anda juga harus mengetahui  setingan setingan kamera DSLR untuk outdoor agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut beberapa cara setting kamera yang perlu anda ketahui: 

Kenali Pencahayaan Di Sekitar  

Pencahayaan merupakan unsur yang sangat penting dari settingan kamera DSLR  untuk outdoor. Pemotretan di outdoor pencahayaannya mengendalikan oleh sinar  matahari, Maka dari itu, Waktu pencahayaan yang sangat bagus ketika waktu pagi  atau sore hari. Pada umumnya jika pagi hari pada jam 5 sampai pukul 7 pagi  begitu pula pada saat sore yakni pada jam 4 sampai pukul 6 sore.  

Setting White Balance  

White balance setting ini biasanya digunakan untuk mengatur pencahayaan  sehingga tidak under atau over exposure. 

Hidupkan Highlight Warning Kamera  

Selanjutnya cara untuk menghindari gambar over exposure atau kelebihan cahaya  sehingga terlihat terlalu cerah. Biasanya highlight warning terdpaaty pada layar  LCD kamera atau kamu juga bisa memeriksa histogram yang ada pada LCD  kamera. 

Setting ISO  

Iso merupakan salah satu settingan kamera DSLR untuk outdoor yakni mengatur  pencahayaan yang pas agar gambar terlihat pas. Apabila anda ingin memotret di  tempat yang terbuka (outdoor) sebaiknya anda mengunakan ISO rendah sehingga cahaya yang masuk tidak terlalu tinggi. 

Gunakan Aperture Rendah 

Aperture bertujuan untuk mengubah cahaya yang diperoleh sesnor. Sebaiknya  Anda mengunakan aperture sekisar f/11 dan f/16, bukan lensa yang kecil tersebut  akan membuat cahaya yang masuk ke dalam kamera menjadi berkurang. Selain itu, apabila menggunakan aperture kecil cenderung menghasilkan gambar lebih  fokus. 

baca juga Rekomendasi Kamera untuk Pemula

Sebaiknya Priksa Setting Mode Exposure 

Setting kamera DSLR untuk outdoor yang harus dilakukan adalah mengatur  exposure yang digunakan. Sebaiknya lakukan persiapan dengan beberapa mode  exposure seperti Manual, Aperture Priority, Shutter Priority, Mode Program dan  beberapa fitur bawaan yang ada pada kamera tersebut. 

Gunakan Flash Sebagai Fill In 

Penggunaan flash adalah untuk menerengi bagian objek yang gelap karena  membelakangi sumber cahaya justru akan menghasilkan gambar yang menarik. Manfaatkan fitur flash compensation dalam setting kamera DSLR untuk outdoor  agar kamu bisa mengatur intensitas flash yang dikeluarkan. 

Perhatikan ukuran dan format foto 

Mengatur ukuran atau format foto saat memotret sanggatlah penting karena pada  dasarnya objek yang di gunakan juga berbeda. Seperti halnya dengan ketika kamu  memotret serangga atau hewan di alam terbuka maka ukuran yang digunakan juga  berbeda ketika digunakan untuk memotret foto keluarga atau momen penting  lainnya.

Kesimpulannya yang perlu diperhatikan  adalah pencahayaan. Karena mengetahui waktu pencahayaan tentu akan mempengaruhi hasil gambar yang di peroleh. Sebaiknya hindari lokasi yang bisa  menghasilkan gambar backlight kecuali karena menginginkan tampilan semacam  ini.
Semoga ulasan mengenai setting kamera untuk outdoor tersebut dapat  bermanfaat.

sumber

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan