Logo-Pitma-Jogja
Search

Skill Wajib Dan Tips Belajar Menjadi Ahli Cyber Security Dari Nol

Skill Wajib Dan Tips Belajar Menjadi Ahli Cyber Security Dari Nol

Skill Wajib Dan Tips Belajar Menjadi Ahli Cyber Security Dari Nol | Kekurangan tenaga kerja di bidang keamanan siber tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Penelitian dari TechTarget dan Asosiasi Keamanan Sistem Informasi sepanjang 2023 menemukan bahwa 95% responden mengatakan kekurangan keterampilan keamanan siber dan dampak terkaitnya belum membaik selama beberapa tahun terakhir, sementara 44% mengatakan kekurangan tersebut semakin parah.

Hal inilah yang membuat peluang menjadi seorang Cyber Security Engineer terbuka lebar. Gaji rata-rata untuk seorang Cyber Security Engineer di Indonesia berkisar antara Rp12 juta hingga Rp35 juta per bulan, tergantung pada pengalaman, sertifikasi, dan keahlian khusus. Bagi yang berada di level junior, gaji bisa dari Rp8 juta atau lebih per bulan. Pada artikel ini, akan kami berikan pengetahuan tentang skill wajib dan tips belajar Cyber Security yang sederhana agar tidak bingung meskipun untuk orang awam

Baca juga: 7 Profesi IT di Indonesia Banyak Dibutuhkan Tahun 2024

Skill Wajib Untuk Menjadi Ahli Cyber Security

Pertama kami berikan pandangan yang komprehensif tentang keterampilan dasar yang perlu agar berhasil dalam bidang Cyber Security (keamanan siber). Dengan mengikuti artukel ini, Anda dapat membangun fondasi yang kuat untuk menghadapi tantangan kompleks dalam dunia keamanan siber. Beberapa poin dapat diperdalam lebih lanjut untuk memastikan pemahaman yang mendalam:

1. Pemahaman Dasar-Dasar Jaringan

Penting untuk belajar lebih lanjut tentang konsep jaringan, termasuk topologi jaringan, protokol yang digunakan (seperti TCP/IP), dan analisis lalu lintas jaringan. Menguasai perangkat keras jaringan dan pemahaman mendalam tentang arsitektur jaringan modern juga dapat meningkatkan pemahaman keamanan.

2. Kemahiran dalam Sistem Operasi

Selain menguasai sistem operasi yang umum, fokus pada keamanan sistem operasi. Belajar cara mengamankan sistem operasi dengan konfigurasi yang tepat, pemantauan aktivitas, dan deteksi potensi ancaman.

3. Pengetahuan tentang Pemrograman dan Scripting

Dalam dunia keamanan siber, penting untuk mendalami keterampilan pemrograman. Belajar lebih banyak tentang pengembangan skrip keamanan, pembuatan alat keamanan, dan konsep pemrograman yang mendukung pengujian penetrasi.

4. Dasar-dasar Keamanan

Perdalam pemahaman tentang keamanan informasi, termasuk metode enkripsi yang lebih lanjut, kontrol akses yang canggih, dan implementasi kebijakan keamanan yang lebih kompleks.

5. Pengalaman Praktis dengan Alat Keamanan

Pertimbangkan untuk mendalami penggunaan alat keamanan tertentu dengan lebih rinci. Berfokus pada pengujian penetrasi, analisis malware, dan implementasi sistem deteksi intrusi.

6. Incident Response and Forensics

Praktek secara langsung dalam merespons insiden keamanan dan memperdalam pengetahuan forensik digital. Pelajari lebih lanjut tentang cara mengidentifikasi serangan, memulihkan data, dan melibatkan tim respons insiden.

7. Pembelajaran Berkelanjutan dan Fleksibilitas

Sertakan langkah-langkah konkret untuk menjaga diri tetap diperbarui dengan tren dan ancaman terbaru. Bergabung dengan komunitas keamanan siber, ikuti kursus online, dan lakukan eksperimen di lingkungan aman untuk meningkatkan keterampilan.

8. Komunikasi dan Kolaborasi

Latih kemampuan komunikasi non-teknis dan fokus pada efektivitas berkolaborasi. Belajar lebih lanjut tentang cara berkomunikasi dengan pemangku kepentingan yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis.

9. Ethical Hacking and Penetration Testing

Mendalami lebih lanjut tentang etika hacking dan pengujian penetrasi. Pahami kerangka kerja standar seperti OWASP untuk memastikan kepatuhan dengan praktik keamanan siber etis.

10. Pengetahuan Kepatuhan dan Hukum

Terus memantau perubahan dalam hukum dan peraturan keamanan siber. Pastikan untuk memahami kepatuhan khusus industri tempat Anda bekerja.

Dengan mengintegrasikan aspek-aspek ini ke dalam rencana pembelajaran, seorang individu dapat mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses dalam dunia keamanan siber yang terus berkembang.

Tips Belajar Pemula Untuk Menjadi Ahli Cyber Security

Cyber Security adalah salah satu bidang yang paling diminati dan bermanfaat di industri TI. Namun, hal ini juga merupakan salah satu hal yang paling menantang dan dinamis, yang memerlukan pembelajaran dan adaptasi terus-menerus. Bagaimana Anda bisa sukses dalam keamanan siber dan memajukan karier Anda? Berikut beberapa tip untuk membantu Anda.

Ikitu apa yang dikatakan para ahli

Ikuti berbagai diskusi dan forum di internet untuk lebih dekat dengan bidang ini. Sebagai contoh di LinkedIn sering berbagi wawasan penting dan contoh dari pengalaman mereka sendiri untuk membantu menjawab pertanyaan dari para pemula.

Ketahui dasar-dasar dulu

Keamanan siber dibangun berdasarkan konsep inti dan keterampilan yang berlaku pada domain atau peran apa pun. Anda perlu menguasai dasar-dasar jaringan, kriptografi, sistem operasi, aplikasi web, database, dan pemrograman. Anda juga perlu memahami prinsip-prinsip manajemen risiko, pemodelan ancaman, tata kelola keamanan, dan kepatuhan. Dasar-dasar ini akan membantu Anda berkomunikasi secara efektif, memecahkan masalah, dan mempelajari teknologi baru.


Pilih spesialisasi

Keamanan siber adalah bidang luas yang mencakup banyak domain dan peran berbeda. Anda dapat memilih untuk berspesialisasi dalam satu atau lebih bidang, seperti pengujian penetrasi, analisis malware, respons insiden, forensik, rekayasa keamanan, atau manajemen keamanan. Setiap spesialisasi memiliki alat, teknik, dan sertifikasinya sendiri. Anda harus meneliti permintaan pasar, prospek karier, dan persyaratan keterampilan dari setiap spesialisasi dan menyelaraskannya dengan minat, kekuatan, dan tujuan Anda.

Terus belajar dan update

Keamanan siber adalah bidang yang bergerak cepat dan berkembang serta memerlukan pembelajaran dan pembaruan terus-menerus. Ikuti tren, ancaman, dan teknologi terkini dalam lanskap keamanan siber. Anda dapat melakukan ini dengan membaca blog, podcast, buletin, kertas putih, dan laporan dari sumber terpercaya. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas online, forum, dan platform media sosial tempat Anda dapat berjejaring, berbagi, dan belajar dari profesional keamanan siber lainnya.

Berlatih dan praktek

Keamanan siber adalah bidang praktis dan praktis yang mengharuskan Anda berlatih dan menerapkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Ikuti pelatihan online, dan tantangan yang menyimulasikan skenario dunia nyata dan menguji kemampuan Anda. Anda juga dapat berpartisipasi dalam kompetisi, hackathon, dan acara menangkap bendera yang menawarkan kesempatan menyenangkan dan bermanfaat untuk mengasah keterampilan dan menunjukkan bakat Anda. Anda juga dapat membuat proyek, alat, atau blog Anda sendiri yang menunjukkan minat dan keahlian Anda.


Carilah masukkan dan bimbingan

Keamanan siber adalah bidang kolaboratif dan suportif yang mendapat manfaat dari umpan balik dan bimbingan. Cari umpan balik dari rekan, manajer, instruktur, atau klien mengenai pekerjaan dan kinerja Anda. Segera temukan mentor yang dapat membimbing, memberi saran, dan menginspirasi Anda dalam perjalanan keamanan siber Anda. Anda dapat mencari mentor dalam organisasi, jaringan, atau platform online Anda. Anda juga dapat memberikan masukan dan bimbingan kepada orang lain yang baru atau bercita-cita untuk bergabung di bidang keamanan siber.

Bersikap etis dan profesional

Keamanan siber adalah bidang yang memerlukan standar etika dan profesional yang tinggi. Hormati undang-undang, kebijakan, dan kode etik yang mengatur domain keamanan siber. Lindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data dan sistem tempat Anda bekerja. Anda perlu melaporkan setiap insiden, kerentanan, atau pelanggaran yang Anda temukan atau temui. Anda juga harus jujur, bertanggung jawab, dan bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan Anda.

Pelatihan & Sertifikasi Cyber Security Jogja

Demikian informasi penting Skill Wajib Dan Tips Belajar Menjadi Ahli Cyber Security Dari Nol. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi Cyber Security Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang Cyber Security yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri Cyber Security kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi Cyber Security sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Sumber: https://www.linkedin.com/advice/0/how-can-you-succeed-cybersecurity-skills-information-security

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan