Logo-Pitma-Jogja
Search

SOSIALISASI IT GOVERNANCE DI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYKARTA OLEH PILAR TEKNOTAMA

image-uploads-2019-07/

Yogakarta – PT. Pilar Teknotama, dalam rangka lebih membangkitkan awarness terhadap pentingnya Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) terutama di kalangan mahasiswa, telah melaksanakan sosialisasi di hadapan para Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu, 15 Oktober 2014 bertempat di Gedung Kuliah Umum Universitas Ahmad Dahlan Kampus 3, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta dengan dihadiri para mahasiswa dari jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi berjumlah kurang lebih 70 orang.

Tim dari Pilar Teknotama menyampaikan tiga materi yang terkait dengan Tata Kelola IT. Materi yang pertama disampaikan adalah tentang Tata Kelola dengan parameter best practice COBIT. Para mahasiswa diberikan pemahaman akan arti pentingnya pengenalan COBIT bagi mereka sebagai bekal nilai tambah setelah lulus dari bangku kuliah dan bersaing di dunia kerja.

Materi kedua adalah tentang Audit Sistem Informasi, dimana materi ini pada saat ini tidak dapat mereka dapatkan dari kurikulum perkuliahan. Di lain pihak tuntutan di luar akan kebutuhan Auditor Sistem Informasi masih sangat tinggi. Diharapkan dengan penyampaian materi ini para mahasiswa mampu menangkap peluang dan tantangan tersebut dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Materi terakhir yang disampaikan oleh Tim Pilar Teknotama adalah tentang Blueprint atau Master Plan Teknologi Informasi. Masterplan IT sudah banyak diterapkan di banyak perusahaan dan kalangan Perguruan Tinggi. Pemerintah mewajibkan BUMN untuk memiliki masterplan dan sudah ditetapkan dengan Peraturan Menteri BUMN. Sementara di kalangan Perguruan TInggi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi sudah memasukkan unsur ketersediaan blueprint sistem informasi ke dalam salah satu kriteria penilaian akreditasi. Dengan situasi ini diharapkan bermunculan para ahli – ahli perencana Blueprint IT.

Acara ini diikuti dengan sangat antusiasme para mahasiswa. Dialog yang antara para mahasiswa dengan pemateri berlangsung dengan sangat interaktif. Acara ini diakhiri dengan aplaus dari para mahasiswa.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?