DURASI

2 Hari

 

DESKRIPSI

Pelatihan penyusunan SOP ini disajikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi tentang penyusunan prosedur operasional standar yang benar. Banyak organisasi yang mengabaikan ini karena dipandang tidak terlalu penting. Tetapi, sejarah bisnis telah membuktikan bahwa organisasi yang mampu bertahan dan terus berkembang adalah yang memiliki pedoman yang jelas dan dipahami secara jelas dan standar oleh anggotanya.

Pelatihan ini memberikan prinsip-prinsip penyusunan SOP yang efektif yang tidak hanya memuat hal-hal teknis penyusunan , tetapi juga mencakup latar belakang dan arti penting penyusunan SOP dan juga hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penyusunan SOP yang efektif. Pelatihan ini juga dilakukan secara gamblang sehingga mudah dimengerti karena dikembangkan berdasarkan pengalaman praktis di perusahaan. Model pembelajaran yang berhasil akan menjadi pola dalam pelatihan ini.

 

TUJUAN

  • Mengerti latar belakang dan arti pentingnya penyusunan SOP
  • Memahami prinsip, metode dan teknik penyusunan SOP
  • Memberikan pedoman dalam pembuatan SOP yang efektif dalam rangka meningkatkan kinerja dan wawasan perusahaan.

 

MATERI

  • Organisasi dalam Konteks Pemahaman Sistem
  • Mengapa perlu ada sistem di dalam organisasi?
  • Mengapa perlu ada Standard Operating Procedures?
  • Unsur-unsur Standard Operating Procedures
  • Manfaat Teknis Standard Operating Procedures
  • Kontrol Intern dan Standard Operating Procedures
  • Hambatan-hambatan Penyusunan Standard Operating Procedures
  • Metode dan Teknik Penyusunan Standard Operating Procedures
  • How to write Standard Operating Procedures