Logo-Pitma-Jogja
Search

Tutorial Paling Mudah Install Vue.js Untuk Pemula

Tutorial Install Vue.js Pemula

Vue.js adalah sebuah framework Javascript untuk membuat user interface dan single-page application (SPA). Vue.js dikenal juga dengan Vue saja dan dieja seperti membaca kata view (/vju:/). Pada arsitektur MVC (Model–View–Controller), Vue.js hanya akan mengambil peran pada layer View saja.

Vue awalnya dibuat oleh Evan You pada tahun 2013. Evan You sebelumnya bekerja di Google dengan Angularjs. Dia kemudian punya ide untuk membuat sesuatu yang lebih ringan dari Angular. Dari sanalah ia mulai membuat Vuejs. Versi pertama (0.6) dirilis pada tanggal 8 desember 2013, selanjutnya berlanjut ke versi 0.7 pada tanggal 24 desember 2013.

Ada beberapa Tutorial Install Vue.js Pemula yang dapat membantu proses belajar Anda. Berikut adalah Tutorial Install Vue.js Pemula.

Baca juga: Solusi WordPress Muncul 500 Internal Server Error

Tutorial Install Vue.js Pemula

Untuk dapat menggunakan Vue.js, cara yang paling mudah adalah dengan membuat sebuah file index.html, kemudian meng-include-kan Vue ke dalamnya.

Ada beberapa cara untuk meng-include-kan Vue, di antaranya :

  1. Jika komputer Anda yang terhubung ke internet, melalui CDN dengan menerapkan include pada tag <script> pada file index.html:

<script src=”https://cdn.jsdeliver.net/npm/vue”></script>

2. Selain melalui CDN, Anda juga dapat menggunakan VueJS via unpkg, berikut penulisannya:<script src=”https://unpkg.com/vue”></script>

3. Namun, jika komputer Anda tidak terhubung ke internet, Anda bisa mengunduh file VueJS. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh file vue dari https://vuejs.org/js/vue.min.js
  • Simpan file vue.min.js pada folder yang sama dengan file index.html
  • Lakukan include pada tag <script> pada file index.html

<script src=”vue.min.js”></script>

Pada pembahasan pada VueJS ini, paling aman adalah cara nomor 3, yakni dengan mengunduh file VueJS tersebut.

Pelatihan Front End Web Development With Vue.js Jogja

Demikian informasi penting Tutorial Paling Mudah Install Vue.js Untuk Pemula. Segera ikuti pelatihan Front End Web Development With Vue.js di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami disini.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?