DESKRIPSI
Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, perlu didukung dengan pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan keuangan negara yang dibelanjakan melalui proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, diperlukan upaya untuk menciptakan keterbukaan, transparansi, akuntabilitas serta prinsip persaingan/kompetisi yang sehat dalam proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang dibiayai APBN/APBD, sehingga diperoleh barang/jasa yang terjangkau dan berkualitas serta dapat dipertanggung-jawabkan baik dari segi fisik, keuangan, maupun manfaatnya bagi kelancaran tugas Pemerintah dan pelayanan masyarakat.
Untuk merealisasikan hal tersebut di atas, diperlukan aparatur pengelola pengadaan barang/jasa Instansi Pemerintah, yang memiliki kompetensi untuk melakukan kegiatan pengadaan secara efisien, efektif, terbuka, adil dan transparan, serta dapat dipertanggungjawabkan. Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa merupakan pelatihan yang dapat memberikan pembekalan awal bagi para peserta untuk mengikuti ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa Tingkat Dasar.
TUJUAN
- Menjelaskan tahapan kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah, dan
- Melakukan kegiatan pengadaan yang mempunyai spesifikasi sederhana secara efesien dan efektif.
KOMPETENSI
Kompetensi bagi Tim Pengadaan Barang dan Jasa adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan sebagai tenaga pengelola pengadaan. Sesuai dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab tenaga pengelola pengadaan, maka standar kompetensi yang perlu dimiliki adalah kemampuan dalam:
- Memahami gambaran umum pengadaan, prinsip-prinsip dasar, kebijakan umum, kode etik dan dasar hukum/peraturan yang terkait, pihak-pihak yang terkait, serta prinsip pengendalian dan pengawasan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.
- Memahami dan melaksanakan persiapan pengadaan barang dan jasa mulai dari tahap perencanaan umum, penentuan sistem pengadaan (metode pemilihan, metode penyampaian dokumen, metode evaluasi pengadaan, pemilihan jenis kontrak), pemilihan metode kualifikasi, penyusunan jadwal pemilihan, penyusunan jadwal pemilihan, penyusunan HPS, dan penyusunan dokumen pengadaan.
- Prosedur pelaksanaan Pengadaan Barang, Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Lainnya dan Jasa Konsultansi. d. Gambaran umum pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dengan cara swakelola.
- Peraturan pelaksanaan Pendayagunaan Produksi Dalam Negeri dan Usaha Kecil dan Peraturan Pengadaan Barang dan Jasa dengan dana PHLN.
- Memahami kegunaan dan kebutuhan E-Procurement.
MATERI
- Building Learning Commitment
- Ketentuan Umum
- Tujuan, Kebijakan, Prinsip dan Etika Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) serta Usaha Kecil, Produk Dalam Negeri dan Pengadaan Berkelanjutan
- Pelaku Pengadaan Barang/Jasa
- PBJ secara Elektrik, Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan, Pengawasan, Pengaduan, Sanksi dan Pelayanan Hukum
- Perencanaan Pengadaan
- Persiapan Pengadaan Barang/Jasa
- Pelaksanaan PBJ Melalui Swakelola
- Pelaksanaan PBJ Melalui Penyedia
- Pengadaan Khusus
- Pembahasan Tes Materi
- Review Materi
- Pengerjaan dan Pembahasan Soal Try Out
- Ujian Sertifikasi
CATATAN KELAS OFFLINE
- Modul, materi dan alat tulis
- Souvenir
- 2 kali coffee break dan makan siang setiap harinya
- Alat penunjang pelatihan
- Sertifikat Pelatihan
- Kelas dapat berjalan dengan minimal 3 peserta
- Harga tidak termasuk pajak
- Akomodasi dan Transportasi ditanggung masing-masing peserta
CATATAN KELAS ONLINE
- Materi digital
- Bimbingan intensif, akan ada sesi diskusi bersama narasumber selama kelas berlangsung
- E-Sertifikat
- Kelas dapat berjalan dengan minimal 5 peserta
- Harga tidak termasuk pajak