Logo-Pitma-Jogja
Search

Webinar ASN | Mendalami Assessment Center: Peran Assesmen dalam Mencapai Meritokrasi di Instansi Pemerintah

Webinar Mendalami Assessment Center: Peran Assesmen dalam Mencapai Meritokrasi di Instansi Pemerintah

Webinar ASN | Mendalami Assessment Center: Peran Assesmen dalam Mencapai Meritokrasi di Instansi Pemerintah. Pilar Teknotama sukses melaksanakan kegiatan rutin Webinar ASN yang berlangsung pada selasa (17/10/2023). Tema yang diusung adalah Peran Assesmen dalam Mencapai Meritokrasi di Instansi Pemerintah. Kegitan tersebut dihadiri 600 lebih peserta yang Zoom Meeting dan YouTube Streaming.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang istimewa. Narasumber tersebut adalah yakni Bapak Dr. Ahmad Jalis, M.A. selaku Mantan Kepala Pusat Penilaian Kompetensi Badan Kepegawaian Negara.

Baca juga: Webinar ASN | Transformasi Birokrasi Melalui Sistem Merit II: Peningkatan Kompetensi Manajerial melalui Penguatan Effective Leadership

Definisi Assesment Center

Assessment Center merupakan metodologi evaluasi berstandar mengenai perilaku individu dengan menggunakan beragam simulasi dan instrumen tes perilaku. Melalui beragam materi tes, instrumen evaluasi kepribadian dan wawancara, para Asesor yang terlatih melakukan obsevasi terhadap perilaku para peserta asesmen. Kemudian menghasilkan penilaian akhir asesmen serta umpan balik pengembangan. Hasil nilai asesmen dan umpan balik akan memberikan sumbangan berharga bagi peningkatan mutu pegawai. Menurut Thornton dan Rupp (2006) dalam metode Assessment Center sebaiknya terdapat:

  1. Teknik evaluasi yang beragam (multi method).
  2. Dengan melibatkan sejumlah observer/Asesor (multi Asesor) untuk menilai sejumlah pegawai.
  3. Penggunaan berbagai macam simulasi yang berhubungan dengan pekerjaan, wawancara, dan tes psikologi (multi instrumen).

Dasar Hukum Pelaksanaan Assessment

Instansi Pemerintah dipimpin oleh seorang Pejabat Pimpinan Tinggi dimana untuk menduduki jabatan tersebut pegawai harus memenuhi persyaratan. Persyaratan didapatkan melalui seleksi yang dilakukan secara terbuka, dan kompetitif. Landasan seleksi berdasarkan PP No. 17 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Permen PAN & RB No. 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Screenshot 7

Untuk mendukung seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi, salah satu tahapan yang harus dilalui adalah pelaksanaan Assessment Center. Menurut Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 26 Tahun 2019 Tentang Pembinaan Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi PNS telah diuraikan. Bahwa Assessment Center adalah metode terstandar yang dilakukan untuk mengukur kompetensi dan prediksi keberhasilan pegawai. Suatu jabatan menggunakan beberapa alat ukur atau simulasi berdasarkan kompetensi jabatan dan dilakukan oleh beberapa orang Asesor. 

Dengan adanya kegitan ini diharapkan meningkatkan kepercayaan pegawai pada proses manajemen ASN dan organisasi. Hal ini karena proses promosi dan pengembangan karier dilakukan secara adil dan transparan melalui penilaian potensi dan kompetensi sesuai dengan prinsip sistem merit. Bagi anda yang belum menyaksikan webinar tersebut, tayangan ulang akan di publish pada YouTube Pilar Teknotama pada tautan berikut: Webinar Mendalami Assessment Center: Peran Assesmen dalam Mencapai Meritokrasi di Instansi Pemerintah

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan