Logo-Pitma-Jogja
Search

15 Rumus Analisa Data dengan Excel, Pengetahuan Dasar Menjadi Data Analyst!

15 Rumus Analisa Data dengan Excel, Pengetahuan Dasar Menjadi Data Analyst!

Rumus Analisa Data dengan Excel, Pengetahuan Dasar Menjadi Data Analyst! | Ketika sekilas mendengar “data analyst” sebagian orang mungkin akan berpikiran jika itu adalah sesuatu yang rumit dan sulit. Namun, kenyataannya ilmu ini bisa dipelajari dari hal yang mudah. Salah satunya dengan mulai belajar rumus analisa data dengan Microsoft Excel. Pasalnya, dengan melalui rumus analisa data dengan Excel, seseorang bisa mulai melatih kemampuan dalam menganalisa data secara tepat dan cepat. Selain itu, software yang digunakan hampir di semua perusahaan ini memiliki ratusan rumus yang mudah digunakan, sehingga cocok dipelajari bagi pemula sakalipun.

Baca juga: 7 Bentuk Keahlian Data Analyst Wajib di Tahun 2024

Dalam dunia data science bisa dikatakan jika Excel merupakan fondasi yang harus diperkuat sebelum memulai karir di industri data. Kali ini kami akan berbagi Pengetahuan Dasar Menjadi Data Analyst dengan mempelajari Rumus Analisa Data dengan Excel. Baca postingan sampai habis ya!

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Aplikasi ini dirancang dengan tujuan untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet (tabel) yang terdiri dari baris dan kolom, yang nantinya digunakan untuk mengeksekusi perintah. Saat ini ada sekitar lebih dari 475 rumus yang tersedia di dalam Excel dengan fungsi yang beragam. Kamu bisa menggunakan rumus-rumus tersebut sesuai kebutuhanmu.

15 Rumus Analisa Data dengan Excel

Rumus Analisa Data dengan Excel pada laporan pembelian

Pada Excel terdapat ratusan fungsi yang biasanya digunakan oleh Data untuk melakukan analisa data. Untuk menjadi Data Analyst, kita perlu belajar menggunakan rumus – rumus Excel beserta cara mengoperasikannya dengan cepat dan mudah. Sama seperti mempelajari rumus matematika, pastinya kita akan mempelajari tentang penjumlahan, pengurangan perkalian dan pembagian.

Meskipun munculnya banyak perangkat lunak spreadsheet lainnya, Excel tetap menjadi perangkat lunak spreadsheet standar dalam dunia kerja. Setiap pengolahan data pada aplikasi Microsoft Excel menggunakan rumus, terutama rumus untuk menyelesaikan masalah logika. Dalam dunia kerja, kemampuan menggunakan rumus Excel dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan. Berikut 15 Rumus Analisa Data dengan Excel lengkap dengan penjelasannya:

 1. SUM

Salah satu rumus Excel yang diketahuiuntuk seorang data analyst adalah SUM. Rumus SUM dapat kamu gunakan untuk melakukan penjumlahan data atau angka yang ada pada sel di worksheet. Pada bentuk lainnya, kamu juga dapat menggunakannya untuk melakukan penjumlahan dalam bentuk yang lebih banyak seperti, data dalam range (baris dan kolom) yang kamu pilih. Contohnya, mencari jumlah atau total dari data pemasukan penjualan.

Sedangkan untuk rumusnya yaitu =SUM(number1:number2). (number1:number2) adalah data atau baris dan kolom yang kamu pilih. Selain itu, perhatikan juga penggunaan pemisah antara data pada excel-mu, apakah menggunakan titik dua (:), koma (,), atau titik koma (;).

2. AVERAGE

Rumus Excel AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata angka yang ada pada data kamu. Rumus yang digunakan adalah =AVERAGE(number1:number2) berdasarkan baris dan kolom yang kamu pilih. Sama halnya dengan SUM, perhatikan juga pemisah data pada rumus yang digunakan seperti, titik dua (:), koma (,), atau titik koma (;).

Berbeda dengan rumus SUM, pada kali ini kita akan mencari rata-rata pemasukan pada bulan Januari dengan menggunakan rumus =AVERAGE(B3;C3;D3;E3). Setelah memasukan range yang kamu pilih, selanjutnya tekan enter untuk memperoleh hasilnya.

3. COUNT

Apakah kamu pernah merasa kebingungan ketika ingin menghitung jumlah data yang sudah terisi pada tabel di worksheet-mu? Tenang, dengan menggunakan rumus Excel COUNT, kamu dapat menghitungnya walaupun dengan jumlah data yang banyak. Rumus Count digunakan untuk menghitung data yang terisi pada sel dan hanya berupa angka. Rumus yang digunakan adalah =COUNT(value1;[value];..) atau =COUNT(range).

4. COUNTA

Hampir sama dengan COUNT, rumus Excel COUNTA digunakan bukan hanya menghitung jumlah sel yang berisi angka, tetapi juga sel berisi apapun. Sehingga Anda bisa menghitung jumlah sel yang tidak kosong.

5. SINGLE IF

Sederhananya rumus Excel IF digunakan untuk mencari hasil perhitungan dengan kemungkinan dua hasil seperti “benar/salah”. Namun, kriteria atau hasil dalam rumus ini tidak selalu berbentuk “benar/salah”. Kamu juga dapat menggantinya dengan kriteria lainnya, seperti “Baik-tidak baik”, “Lulus-tidak lulus”, dan sebagainya.

Pada rumus SINGLE IF, kita akan mencari perhitungan data dengan hanya menggunakan satu kriteria. Untuk rumusnya yaitu =IF(logical_test; [value_if_true]; [value_if_false]).

6. VLOOKUP

Rumus Excel VLOOKUP berfungsi untuk mencari suatu nilai yang ada pada tabel yang sedang kamu kerjakan, dengan bersumber pada tabel lain. Rumus ini juga bisa digunakan untuk mengambil data dari tabel lain secara akurat dan praktis, sehingga sangat membantu kamu jika harus menganalisa data yang banyak. Rumus yang digunakan adalah =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup.

7. HLOOKUP

Rumus Excel HLOOKUP mirip dengan rumus VLOOKUP, hanya saja berbeda di letak nilai yang akan dicari. Rumus Hlookup dipakai untuk menemukan data pada baris pertama pada tabel, lalu mencari nilai dari sel di kolom yang sama pada tabel tersebut. Rumus Excel Hlookup, yaitu =HLOOKUP(CellReferensi; TabelReferensi; NomorBaris; RangeLookup).

8. CEILING

Rumus Excel CEILING berfungsi untuk membulatkan nilai atau angka dengan kelipatan sepuluh ke atas. Rumus ini dapat kamu gunakan untuk keperluan akuntansi dan sebagainya. Rumus yang digunakan adalah =CEILING(number;significance). Number adalah angka pada sel yang ingin kamu bulatkan. Sedangkan significance adalah jumlah pembulatan yang kamu inginkan seperti, 10, 100, 1000, hingga seterusnya.

9. FLOOR

Berlawanan dengan rumus Excel CEILING yang digunakan untuk membulatkan angka ke atas. Rumus FLOOR berfungsi untuk membulatkan angka kelipatan 10 kebawah. Rumus yang digunakan yaitu =FLOOR(number;significance).

10. MAX

Rumus Excel Max berfungsi untuk mencari nilai paling tinggi yang ada pada sebuah data. Rumus ini sangat membantu ketika kamu memiliki data yang sangat banyak. Adapun formula rumus Max adalah =MAX(number1;[number2];..). Number1 pada rumus tersebut merupakan lokasi data atau sel yang ingin kamu cari nilai tertingginya.

11. MIN

Rumus Excel selanjutnya adalah kebalikan dari MAX. Yap, yaitu rumus MIN. Rumus MIN berguna untuk mencari nilai terendah dari data yang ada. Rumus yang digunakan pun yang tidak jauh berbeda yaitu, =MIN(number1;[number2];..). Number1 pada rumus tersebut merupakan lokasi data atau sel yang ingin kamu cari nilai terendahnya.

12. AND

Rumus Excel AND merupakan fungsi logika. Kamu bisa menggunakan rumus ini jika ingin mencari tahu apakah isi dari suatu sel benar (TRUE) atau salah (FALSE). Misalkan kamu ingin mengetahui apakah angka di sel A1 lebih besar dari 50 DAN kurang dari 100. Jika jawabannya benar, maka kata TRUE akan muncul, dan sebaliknya jika salah, maka kata FALSE akan muncul.

13. LEN

Rumus Excel LEN bisa membantu kamu untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam satu sel. Karakter yang dihitung tidak hanya huruf dan angka saja, tapi juga tanda baca seperti spasi, tanda tanya, tanda seru, titik, koma, dan lainnya.

14. PRODUCT

Rumus Excel ini berguna untuk melakukan perkalian pada data yang ada di suatu range. Rumus Excel ini ditulis, seperti =PRODUCT(numb1_numb2).

15. PROPER

PROPER berfungsi untuk mengubah huruf pertama pada teks menjadi huruf kapital, misalnya kamu menulis “laporan penjualan bulan agustus” di sel A2, maka gunakan rumus Excel ini =PROPER(A2) untuk menghasilkan teks “Laporan Keuangan Bulan Desember”.

Kesimpulan

Itulah 15 rumus analisa data dengan excel yang dapat membuat pengolahan data menjadi lebih cepat dan praktis. Dengan menguasai rumus penting ini, data analyst dapat menyederhanakan proses analisa data dan memperoleh kesimpulan yang bermakna.

Dengan memanfaatkan kekuatan rumus Excel, analis dapat menyederhanakan perhitungan yang rumit, membuat keputusan berdasarkan data, dan pada akhirnya akan mendorong kesuksesan bisnis. Jadi, ambil spreadsheet Excel Anda dan mulailah mengeksplorasi kemungkinan yang ditawarkan rumus ini dalam membuka potensi sebenarnya dari upaya analisa data Anda.

Pelatihan Data Analytics with Tableau Jogja

Demikian informasi penting Pengetahuan Dasar Menjadi Data Analyst dengan Belajar Rumus Analisa Data dengan Excel. Segera ikuti pelatihan Data Analytics with Tableau di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?