Logo-Pitma-Jogja
Search

Hemat dan Aman! Pelatihan dan Pengembangan SDM Online

Hemat dan Aman! Pelatihan dan Pengembangan SDM Online

Hemat dan Aman! Pelatihan dan Pengembangan SDM Online | Pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan sangat penting dilakukan, salah satunya dapat dilakukan dengan pelatihan online. Pelatihan yang dilakukan secara tatap muka kini banyak yang beralih ke format online. Hal ini merupakan kemajuan besar bagi perusahaan untuk program pengembangan karyawan mereka.

Baca juga: Harus Dimulai Sekarang! Pelatihan dan Pengembangan Sdm Era Digital

Pelatihan dan pengembangan SDM online menawarkan berbagai keunggulan yang membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Apabila SDM di suatu perusahaan sudah berkualitas dan ditunjang dengan skills yang handal, maka dapat dipastikan perusahaan tersebut akan mudah melewati hambatan dan tantangan yang akan dihadapi.

Menurut Pasal 9 Undang-undang Nomor 13 Ketenagakerjaan Tahun 2003, pelatihan (training) kerja diselenggarakan dan diarahkan untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan kesejahteraan. Tujuan pelatihan dan pengembangan SDM (Human resource development) pada dasarnya dikelompokan dalam lima bidang :

1. Memperbaiki kinerja,

2. Memutakhirkan keahlian para karyawan sejalan dengan kemajuan teknologi,

3. Mengurangi waktu pembelajaran bagi karyawan baru agar agar kompeten dalam pekerjaan,

4. membantu memecahkan masalah operasional,

5. Mempersiapkan karyawan untuk promosi.

Penghematan Biaya Pelatihan dan Pengembangan SDM Online

Penghematan biaya ini terjadi di berbagai aspek. Hal tersebut menjadikan pelatihan dan pengembangan online pilihan yang ekonomis namun tetap efektif untuk pengembangan sdm. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pelatihan dan pengembangan sdm online lebih hemat dari segi biaya:

  • Penghapusan Biaya Perjalanan dan Akomodasi:

Pelatihan tatap muka sering kali melibatkan biaya perjalanan dan akomodasi, terutama jika karyawan harus berkumpul dari berbagai lokasi yang berbeda. Adanya pelatihan online, biaya ini dapat dihilangkan sepenuhnya. Karyawan dapat mengikuti pelatihan dari tempat mereka berada, tanpa perlu mengeluarkan uang untuk akomodasi.

  • Pengurangan Biaya Sewa Tempat:

Mengadakan pelatihan tatap muka biasanya memerlukan penyewaan ruang pertemuan atau fasilitas konferensi, yang bisa menjadi sangat mahal, terutama di lokasi-lokasi premium. Pelatihan online menghilangkan kebutuhan akan ruang fisik, sehingga mengurangi biaya yang terkait dengan penyewaan tempat, peralatan, dan fasilitas pendukung lainnya.

  • Penggunaan Materi Pelatihan yang “Reusable”:

Materi pelatihan online, seperti video tutorial, modul e-learning, dan presentasi digital, dapat digunakan berulang kali tanpa biaya tambahan. Materi yang dibuat dan diunggah ke platform pembelajaran, karyawan dapat mengaksesnya kapan saja. Berbeda dengan pelatihan tatap muka yang memerlukan persiapan dan pengadaan materi secara berkala.

  • Skalabilitas Tinggi:

Satu kursus online dapat diikuti oleh puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan karyawan tanpa meningkatkan biaya secara signifikan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melatih lebih banyak karyawan dalam waktu yang lebih singkat dan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pelatihan konvensional yang membutuhkan lebih banyak instruktur dan ruang fisik.

  • Penghematan Waktu:

Dengan pelatihan online, karyawan tidak perlu menghabiskan waktu untuk bepergian ke lokasi pelatihan. Waktu yang dihemat ini dapat digunakan untuk pekerjaan produktif lainnya, sehingga mengurangi dampak hilangnya waktu kerja dan meningkatkan efisiensi keseluruhan perusahaan.

  • Pengurangan Biaya Trainer:

Pelatihan tatap muka biasanya membutuhkan kehadiran trainer yang perlu dibayar untuk setiap sesi pelatihan. Dalam pelatihan dan pengembangan sdm online, biaya instruktur dapat dikurangi karena satu sesi pelatihan dapat direkam dan digunakan berulang kali. Selain itu, platform online juga lebih efisien untuk mengakomodir trainer dengan lokasi yang berbeda.

  • Pengelolaan dan Administrasi Otomatis:

Platform pelatihan online biasanya dilengkapi dengan alat manajemen kursus dan pelaporan yang otomatis. Ini mengurangi kebutuhan akan administrasi manual, yang dapat menghemat biaya administrasi dan meningkatkan efisiensi operasional. Penyedia pelatihan dapat dengan mudah melacak kemajuan peserta, mengatur jadwal, dan menilai hasil pelatihan.

Kenyamanan dan Keamanan dari Pelatihan dan Pengembangan SDM Online

Pelatihan dan pengembangan sdm online memiliki kelebihan dari segi kenyamanan dan keamanan. Dengan metode ini, karyawan dapat belajar dalam lingkungan yang aman dan nyaman, tanpa harus berisiko kesehatan atau kendala logistik yang biasanya terkait dengan pelatihan tatap muka. Berikut adalah beberapa aspek penting mengenai kenyamanan dan keamanan pelatihan dan pengembangan sdm online:

  1. Menghindari Keramaian: Dalam situasi pandemi atau saat ada kebutuhan untuk menjaga jarak fisik, pelatihan online memungkinkan karyawan untuk tetap mengikuti pelatihan tanpa berkumpul dalam satu tempat. Ini sangat penting untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan karyawan.
  2. Pengurangan Stres dan Kelelahan: Dengan tidak perlu bepergian atau menghabiskan waktu lama di luar rumah, karyawan dapat mengurangi stres dan kelelahan. Belajar dari lingkungan yang akrab dan nyaman dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan retensi informasi. Karyawan dapat belajar dalam suasana yang lebih santai dan tidak tergesa-gesa.
  3. Keamanan Data dan Informasi: Platform pelatihan online biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih untuk melindungi data dan informasi peserta. Dengan teknologi enkripsi dan protokol keamanan yang ketat, informasi pribadi dan hasil pelatihan karyawan dijaga dengan baik, mengurangi risiko kebocoran data.
  4. Akses ke Sumber Daya Tambahan: Pelatihan online sering kali menyediakan akses ke berbagai sumber daya tambahan seperti e-book, artikel, dan video yang dapat diakses kapan saja. Karyawan tidak hanya belajar dari materi utama tetapi juga dapat memperdalam pengetahuan mereka melalui sumber daya tambahan ini. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih komprehensif dan mendalam.
  5. Dukungan Teknologi: Banyak platform pelatihan online yang menawarkan dukungan teknis yang baik untuk memastikan bahwa karyawan dapat mengakses dan mengikuti pelatihan tanpa hambatan teknis. Fitur-fitur seperti chat support, tutorial penggunaan, dan layanan pelanggan membantu mengatasi masalah teknis yang mungkin timbul.
  6. Interaksi dan Kolaborasi Virtual: Pelatihan online juga memungkinkan interaksi dan kolaborasi dengan sesama peserta melalui forum diskusi, video conference, dan alat kolaborasi lainnya. Meskipun tidak bertatap muka, karyawan tetap dapat berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan bekerja sama dalam proyek-proyek kelompok, meningkatkan pengalaman belajar.
  7. Ketersediaan Pembelajaran Berkelanjutan: Pelatihan online memungkinkan pembelajaran berkelanjutan karena materi pelatihan dapat diakses kembali kapan saja. Karyawan dapat meninjau kembali materi yang telah dipelajari untuk memastikan pemahaman yang lebih baik atau mempersiapkan diri untuk ujian sertifikasi.

Tempat Pelatihan dan Pengembangan SDM Online

kenyamanan apa saja di pelatihan dan pengembangan sdm online

PITMA merupakan instansi dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka beberapa jenis pelatihan dan pengembangan sdm online yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

Dengan pelatihan dan pengembangan sdm online dari PITMA, tentunya akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam melamar kerja. Ayo, segera mulai upgrade diri bersama PITMA!

Pendaftaran Pelatihan dan Pengembangan SDM Online

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?