Logo-Pitma-Jogja

Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Hard Skills Paling Efektif Tahun 2024

Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Hard Skills Paling Efektif Tahun 2024

Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Hard Skills Paling Efektif Tahun 2024 | Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills menjadi semakin penting untuk memastikan keberlangsungan dan kesuksesan perusahaan. Pengembangan sdm bukan hanya tentang meningkatkan keterampilan karyawan, tetapi juga tentang mempersiapkan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Salah satu aspek kunci dari pengembangan SDM adalah pelatihan hard skill, yaitu keterampilan teknis yang dapat diukur dan diperlukan untuk melakukan tugas-tugas spesifik dalam pekerjaan.Pentingnya pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.

Pertama, dari sudut pandang produktivitas, karyawan yang terampil mampu bekerja lebih efisien dan efektif. Kedua, dari sudut pandang adaptabilitas, karyawan yang terus mengembangkan keterampilan mereka lebih siap untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi dan kebutuhan pasar. Dalam era digital seperti sekarang ini, penting untuk untuk menguasai teknologi baru dan beradaptasi dengan perubahan.

Perusahaan yang mengabaikan pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills berisiko tertinggal dalam persaingan. Karyawan yang tidak memiliki keterampilan akan kesulitan untuk mengikuti tuntutan pekerjaan dan perkembangan industri. Oleh karena itu, perusahaan perlu membuat strategi pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills.

Melalui artikel ini, kami ingin menggaris bawahi betapa krusialnya investasi dalam pelatihan dan pengembangan SDM bidang hard skills. Dengan bantuan penyedia pelatihan profesional, perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kinerja optimal dan berkontribusi pada jangka panjang perusahaan.

Baca juga: Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Soft Skills Terpenting

Pengertian Hard skills

Beberapa orang mungkin sering bingung memahami apa yang dimaksud dengan soft skills dan hard skills. Pada dasarnya, kedua keterampilan ini sama pentingnya dan sangat dibutuhkan untuk menunjang karir di masa mendatang. Keterampilan ini perlu kamu kuasai untuk dapat meningkatkan kualitas diri dan melakukan pekerjaan dengan baik.

Skills sering mengacu pada kemampuan teknis yang dimiliki calon pekerja seperti kemampuan menggunakan suatu alat, mengolah data, mengoperasikan komputer, atau mengetahui pengetahuan tertentu. Kemampuan-kemampuan seperti ini disebut dengan hard skills atau kemampuan teknis.

Apa Itu Hard Skill? Hard skills bisa dikatakan sebagai keahlian utama yang dibutuhkan dalam pekerjaan tertentu. Keahlian yang dimaksud adalah kemampuan spesifik tentang suatu hal. Untuk bisa memiliki hard skill, Anda perlu menempuh pendidikan formal, program pelatihan dan lain sebagainya untuk bisa mendapatkan sertifikasi atau pengakuan atas keterampilan yang dikuasai.

Hard skills menurut Random House Dictionary (dalam Robles, 2012), yaitu kemampuan yang berasal dari pengetahuan, kemampuan praktis, atau kecerdasan untuk melakukan sesuatu dengan baik; kompetensi dalam melakukan sesuatu; keahlian atau keterampilan yang membutuhkan latihan tertentu.

Hard skills dapat dievaluasi, diukur dan dipelajari. Umumnya perusahaan akan mencantumkan persyaratan hard skills pada lowongan pekerjaan.

Contoh Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Hard Skills yang Efektif

Pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills yang efektif adalah yang dirancang dengan baik dan mencakup kombinasi antara teori dan praktik. Program ini harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik industri dan pekerjaan karyawan. Berikut beberapa contoh program pelatihan hard skills yang efektif di berbagai bidang:

pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills programming
  • Pelatihan Pemrograman

Dalam dunia teknologi, pelatihan pemrograman sangat penting. Program pelatihan yang efektif biasanya dimulai dengan pengajaran konsep dasar pemrograman seperti algoritma dan struktur data, diikuti dengan latihan coding secara langsung.

Misalnya, kursus Python mungkin mencakup pengenalan dasar-dasar bahasa tersebut, dilanjutkan dengan proyek-proyek praktis seperti pengembangan aplikasi sederhana atau analisis data. Program ini dapat menggunakan platform online interaktif seperti Codecademy atau bootcamp intensif seperti Hack Reactor.

  • Pelatihan Manajemen Proyek

Untuk manajer proyek, pelatihan yang mencakup penggunaan alat bantu manajemen proyek seperti Microsoft Project, Trello, atau Asana sangat berharga. Program ini harus mengajarkan cara membuat jadwal proyek, mengalokasikan sumber daya, mengelola risiko, dan melacak kemajuan proyek.

Selain teori, peserta perlu mendapatkan kesempatan untuk bekerja pada studi kasus nyata atau proyek simulasi untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam situasi yang mirip dengan kondisi kerja mereka sehari-hari.

  • Pelatihan Data Analyst

Dalam dunia bisnis modern, kemampuan menganalisis data sangat penting. Program pelatihan analisis data yang efektif mencakup pemahaman tentang teknik analisis data dasar hingga lanjutan. Termasuk juga penggunaan alat seperti Excel, SQL, dan software analisis data seperti Tableau atau Power BI.

Pelatihan Data Analyst juga harus mencakup latihan praktis. Contohnya, seperti membuat laporan dan dashboard interaktif, serta studi kasus yang relevan dengan industri peserta.

  • Pelatihan Cybersecurity

Dalam bidang keamanan siber, pelatihan yang efektif meliputi pemahaman tentang ancaman keamanan, teknik pertahanan, dan penggunaan alat keamanan siber. Program pelatihan ini bisa mencakup simulasi serangan siber untuk menguji kemampuan peserta dalam mendeteksi dan merespons ancaman, serta pengetahuan tentang peraturan dan kebijakan keamanan data.

  • Pelatihan Keuangan

Bagi profesional di bidang keuangan, pelatihan dalam keterampilan keuangan dan akuntansi seperti analisis laporan keuangan, budgeting, forecasting, dan penggunaan software akuntansi seperti QuickBooks atau SAP sangat penting. Program ini biasanya mencakup pengajaran teori dasar, studi kasus, dan latihan praktis dengan data keuangan nyata.

Setiap program pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills yang efektif, harus diakhiri dengan evaluasi untuk mengukur sejauh mana peserta telah menguasai keterampilan yang diajarkan. Evaluasi ini bisa berupa tes, proyek akhir, atau penilaian praktis di tempat kerja.

Adanya pendekatan yang terstruktur dan fokus pada kebutuhan praktis, program pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills dapat membantu karyawan meningkatkan kompetensi mereka. Pada akhirnya, pelatihan tersebut akan meningkatkan kinerja dan produktivitas.

Melalui program pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills yang dirancang dengan baik, perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan siap menghadapi tantangan pekerjaan yang semakin dinamis.

Tempat Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Hard Skills

PITMA merupakan instansi dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka beberapa jenis pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

Setiap desain program pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills rancangan PITMA dimuarakan pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang telah diterbitkan oleh pemerintah melalui SK Menteri ketenagakerjaan No. 234 tahun 2020.

Unit-unit kompetensi yang ada didalam SKKNI tersebut menjadi obyektif program dengan indikator keberhasilan yang diadopsi dari kriteria unjuk kerja dalam SKKNI yang sama. Pelatihan dan pengembangan sdm bidang hard skills dari PITMA, tentunya akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam melamar kerja. Ayo, segera mulai upgrade diri bersama PITMA!

Pendaftaran Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Hard Skills

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?