Logo-Pitma-Jogja

Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Soft Skills Terpenting

Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Soft Skills Terpenting

Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Soft Skills Terpenting | Soft skills adalah keterampilan non-teknis yang mencakup kemampuan interpersonal, komunikasi, manajemen, dan pemecahan masalah. Meskipun sering dianggap sebagai keterampilan tambahan, soft skills sangat penting untuk keberhasilan individu dan organisasi. Oleh karenanya, pelatihan dan pengembangan sdm bidang soft skills dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja.

Soft skills adalah komponen penting yang mendukung kesuksesan di tempat kerja. Mereka membantu karyawan berkomunikasi dengan lebih baik, bekerja sama dengan lebih efisien, dan mengatasi tantangan dengan lebih efektif. Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan investasi jaka panjang perusahaan. Karena dapat meningkatkan produktivitas, kepuasan kerja, dan kinerja.

Penyedia pelatihan menjadi solusi untuk membantu pengembangan sdm bidang soft skills. Program pelatihan yang tersedia, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

Baca juga: Tujuan, Contoh, dan Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM

Apa itu Soft Skills?

Soft skills adalah sebuah perangkat kompetensi penting yang bisa meningkatkan kinerja seseorang dalam bekerja team dan bahkan dapat mempengaruhi bagaimana cara mereka melakukan pekerjaan mereka.

Bagi sebuah organisasi, mengajarkan pelatihan soft skills ke karyawan-karyawan mereka bisa berarti sebuah peningkatan lingkungan kerja dan menghasilkan hasil bisnis yang lebih baik. Tapi, apa sebenarnya soft skills itu dan bagaimana Anda mengembangkan soft skills di tempat kerja?

Dampak Soft Skills pada Kinerja dan Produktivitas

Soft skills memiliki dampak langsung pada kinerja dan produktivitas karyawan. Karyawan yang menguasai soft skills cenderung lebih proaktif, responsif, dan mampu bekerja di bawah tekanan. Mereka juga lebih adaptif terhadap perubahan dan mampu berkontribusi secara positif terhadap perusahaan.

Perusahaan yang menanamkan pentingnya soft skills dalam pengembangan karyawannya akan melihat peningkatan dalam:

  • Efisiensi Operasional: Karyawan dapat menyelesaikan tugas mereka dengan lebih cepat dan lebih baik.
  • Kepuasan Kerja: Karyawan merasa lebih dihargai dan puas dengan pekerjaan mereka, yang mengurangi turnover.
  • Kualitas Layanan: Komunikasi yang baik dan empati meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.
  • Inovasi: Lingkungan kerja yang kreatif dan kolaboratif mendorong inovasi.

Apa itu Pelatihan dan Pengembangan SDM bidang Soft Skills?

Soft skills adalah sebuah kombinasi dari kemampuan yang berkaitan dengan orang dan situasi sosial daripada kemampuan teknis seseorang. Beberapa contoh umum soft skills adalah kerja tim, komunikasi, pemecahan masalah, dan kepemimpinan. Pelatihan dan pengembangan sdm bidang soft skills seperti ini dapat menambah nilai yang sangat besar bagi organisasi Anda.

Mengapa Perlu Pelatihan dan Pengembangan Bidang Soft Skills?

Realitanya, tidak semua karyawan secara alami memiliki soft skill. Inilah mengapa pelatihan dan pengembangan sdm bidang soft skills menjadi sangat penting. Pelatihan membantu karyawan mengembangkan keterampilan ini melalui metode yang terstruktur dan terarah.

Pada program pelatihan yang tepat, karyawan dapat belajar teknik-teknik baru, mendapatkan wawasan dari instruktur berpengalaman, dan mempraktikkan keterampilan dalam situasi yang realistis.

Pelatihan dan Pengembangan SDM bidang Soft Skills Terbaik Untuk Karyawan

Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Soft Skills EQ

Dari sekian banyaknya tipe-tipe program pelatihan dan pengambangan sdm bidang soft skills, di artikel ini kami telah memilah pilihan kami ke yang penting dan yang terbaik. Berikut ini adalah pelatihan dan pengembangan sdm bidang soft skills terbaik yang Anda harus ajarkan ke karyawan-karyawan Anda:

1. Komunikasi

Komunikasi yang baik itu sangat penting dan bermanfaat untuk peran pekerjaan atau deskripsi pekerjaan apapun. Hal ini adalah alasan, mengapa pelatihan komunikasi kita letakkan dibagian pertama dalam daftar kami.

Keahlian berkomunikasi ,mencakup tentang berbicara dengan baik dan menyampaikan pesan Anda dengan jelas, berlatih mendengarkan aktif, serta mendengarkan seseorang dengan saksama. Ini adalah kunci untuk menciptakan hubungan tempat kerja yang sehat. Baik dengan kolega, potensial menjadi klien, atau klien yang sudah tetap.

2. Teamwork

Mengetahui cara berkolaborasi dengan orang lain mungkin terlihat seperti skills atau keterampilan dasar. Ibarat kata, kita terus menerus harus berinteraksi dengan orang lain dan tanpa kita sadari membangun hubungan yang terpercaya dengan orang lain. Dengan pelatihan dan pengembangan sdm bidang soft skills ini, karyawan dapat bekerja menuju tujuan tim dan perusahaan secara serempak.

3. Manajemen Waktu

Dengan backlog yang tidak pernah berakhir dan juga jam kerja yang terbatas, skills manajemen waktu sangat relevan dengan pekerjaan apapun. Melatih soft skills ini akan mempersiapkan karyawan untuk mengatur produktivitas dan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Hasilnya, mereka juga akan memiliki ruang lebih dan berfokus untuk mencapai tujuan perkembangan bisnis dan pribadi mereka.

4. Kepemimpinan

Anda tidak perlu berada di posisi manajerial untuk mendapatkan skills kepemimpinan. Skill tersebut penting dalam peran apa pun yang mengharuskan Anda mendelegasikan tugas, menyediakan bimbingan kepada rekan kerja maupun pelanggan. Bahkan dalam hal mendemonstrasikan kepemilikan atas tugas-tugas, juga dapat membantu Anda berkembang menjadi seorang pemimpin.

Pada saat yang bersamaan, melatih karyawan-karyawan Anda pada soft skills ini memberdayakan mereka untuk menerima respon yang terkadang sulit didengar tetapi diperlukan untuk peningkatan kinerja.

5. Negosiasi

Mengetahui bagaimana caranya bernegosiasi dengan baik adalah soft skills yang penting untuk peran yang berfokus pada pencapaian persetujuan dan closing deals. Posisi Sales adalah contoh yang umum, dimana Account Executive mungkin perlu menegosiasikan kontrak berharga dengan calon pelanggan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

6. Skills Presentasi

Menyajikan sebuah presentasi yang sukses bukan hanya tentang menyajikan slide visual yang bagus. Penting untuk tahu bagaimana berbicara dengan Anda mengenai poin-poin utama agar audiens Anda tetap fokus pada apa yang Anda presentasikan. Pastikan audiens mengerti dan paham dengan apa yang telah Anda sajikan.

7. EQ (Emotional Intelligence)

Emonitonal Intelligence (EQ) adalah soft skills penting untuk belajar bagaimana mengatur emosi Anda dan juga orang orang di sekitar Anda, yang mana bisa berperan besar di dalam interaksi tempat Anda bekerja, khususnya dalam menghindari kesalahpahaman. Semakin baik Anda mengerti tentang diri Anda dan orang di sekitar Anda, semakin baik juga Anda akan mengelola hubungan Anda.

Tempat Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Soft Skills

PITMA merupakan instansi dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka beberapa jenis pelatihan dan pengembangan sdm bidang soft skills yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

Setiap desain program pelatihan dan pengembangan sdm bidang soft skills rancangan PITMA dimuarakan pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang telah diterbitkan oleh pemerintah melalui SK Menteri ketenagakerjaan No. 234 tahun 2020.

Unit-unit kompetensi yang ada didalam SKKNI tersebut menjadi obyektif program dengan indikator keberhasilan yang diadopsi dari kriteria unjuk kerja dalam SKKNI yang sama.

Dengan pelatihan dan pengembangan sdm bidang soft skills dari PITMA, tentunya akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam melamar kerja. Ayo, segera mulai upgrade diri bersama PITMA!

Pendaftaran Pelatihan dan Pengembangan SDM Bidang Soft Skills

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?