Logo-Pitma-Jogja

Tujuan, Contoh, dan Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM

Tujuan, Contoh, dan Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM

Tujuan, Contoh, dan Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM | Program pelatihan dan pengembangan sdm sangat penting untuk keberhasilan bisnis di seluruh dunia. Program-program ini tidak hanya menawarkan kesempatan bagi staf untuk meningkatkan keterampilan mereka, tetapi juga bagi perusahaan. Hal ini demi meningkatkan produktivitas sdm dan meningkatkan budaya perusahaan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa organisasi yang berkomitmen pada pengembangan sdm, mendapatkan manfaat pelatihan dan pengembangan sdm mengalami peningkatan penjualan dan laba berlipat ganda.

Pelatihan sdm dengan metode yang baik dan dilakukan secara khusus akan mendorong keterlibatan sdm dan mengembangkan kompetensi kerja yang lebih efisien serta kompetitif. Bukan hanya memberikan laba, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa sebanyak 93% sdm akan bertahan lebih lama ketika perusahaan berinvestasi dalam pengembangan karier (Ottawa.Edu).

Pada kenyataannya, manfaat pelatihan dan pengembangan sdm mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Selain membantu perusahaan mendapatkan dan mempertahankan talenta terbaik, pengembangan tenaga kerja juga meningkatkan kepuasan dan moral kerja, meningkatkan produktivitas, dan memperoleh lebih banyak keuntungan.

Selain itu, bisnis yang memiliki sdm yang berdedikasi secara aktif melihat tingkat ketidakhadiran 41 % lebih rendah, dan produktivitas 17% lebih tinggi.

Apa tujuan pelatihan dan pengembangan sdm?

Selain bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, ada beberapa goal yang spesifik yang mengacu manfaat pelatihan dan pengembangan sdm di organisasi:

1. Meningkatkan Produktivitas

Pelatihan dan pengembangan dapat membantu sdm meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan. Dengan demikian, mereka dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Kinerja

Pelatihan dan pengembangan dapat membantu sdm mengasah keterampilan dan kompetensi yang relevan dengan pekerjaan mereka. Dengan meningkatnya keterampilan dan kompetensi, sdm dapat melaksanakan tugas-tugas mereka dengan lebih baik, menghasilkan kinerja yang lebih tinggi, dan mencapai target kerja yang ditetapkan oleh organisasi.

3. Meningkatkan Motivasi

Melalui pelatihan dan pengembangan, sdm dapat merasa dihargai dan diberdayakan oleh organisasi. Mereka dapat merasa bahwa organisasi berinvestasi dalam pengembangan mereka, yang dapat meningkatkan motivasi dan dedikasi mereka terhadap pekerjaan mereka. Sdm yang termotivasi cenderung memiliki kualitas kerja yang lebih baik dan lebih berkomitmen untuk mencapai tujuan organisasi.

4. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Pelatihan dan pengembangan dapat membantu sdm merasa lebih percaya diri dan mampu meningkatkan kinerja sdm dalam melaksanakan tugas-tugas mereka. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan kerja mereka, yang pada gilirannya dapat mengurangi stres, meningkatkan loyalitas, dan mengurangi tingkat turnover atau pergantian sdm.

5. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Dalam dunia kerja yang terus berkembang, pelatihan dan pengembangan dapat membantu sdm menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan kerja. Dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sdm dapat lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan memiliki fleksibilitas yang diperlukan untuk menghadapi tantangan baru.

Baca juga: Hemat dan Aman! Pelatihan dan Pengembangan SDM Online

Contoh Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Banyak Dibutuhkan

Setelah Anda mengetahui tujuan pelatihan dan pengembangan SDM, sekarang waktunya Anda mengetahui apa saja contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa disediakan oleh perusahaan, diantaranya:

1. Pelatihan Keahlian

Contoh pelatihan SDM yang pertama adalah pelatihan keahlian. Jenis pelatihan ini merupakan hal yang sering dilakukan oleh perusahaan. Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda berikan adalah pelatihan sederhana untuk menilai kebutuhan atau kekurangan yang nantinya akan diidentifikasi.

2. Pelatihan Ulang SDM

Pelatihan ulang SDM adalah contoh pelatihan SDM dengan memberikan keahlian yang dibutuhkan oleh karyawan dengan tujuan bisa menghadapi tuntutan pekerjaan yang berubah-ubah.

3. Cross Functional Training

Contoh pelatihan SDM selanjutnya merupakan pelatihan lintas fungsional yang melibatkan karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya. Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda berikan adalah dengan meningkatkan komunikasi dan sinergitas antara fungsional satu dengan yang lainnya.

4. Pelatihan Tim

Pelatihan tim adalah jenis pelatihan SDM yang melibatkan beberapa individu untuk menyelesaikan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda berikan adalah kegiatan team building.

5. Pelatihan Bahasa

Bahasa merupakan salah satu aspek terpenting dalam dunia kerja. Bahkan bisa menjadi investasi karyawan di masa mendatang. Jenis pelatihan SDM ini bisa meningkatkan kemampuan dan komunikasi bahasa asing karyawan serta memberikan nilai tambah bagi mereka.

Contoh pelatihan dan pengambangan SDM yang bisa Anda berikan adalah pelatihan bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, atau bahasa asing lainnya.

6. Pelatihan Teknologi

Pelatihan teknologi adalah salah satu jenis pelatihan SDM yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Semakin berkembangnya zaman, teknologi juga semakin berkembang. Contoh pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda sediakan adalah pelatihan digital marketing, developer, hingga urusan administrasi.

7. Pengembangan Kreativitas SDM

Satu lagi contoh pelatihan SDM yang bisa disediakan oleh perusahaan adalah pelatihan kreativitas SDM. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengeluarkan banyak ide sebebas mungkin. Nantinya dari ide-ide yang terkumpul bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan perusahaan.

Tempat Pelatihan dan Pengembangan SDM

PITMA merupakan instansi dengan izin resmi penyelenggaraan pelatihan, sertifikasi, dan assessment center yang berkantor pusat di jogja. PITMA membuka beberapa jenis pelatihan dan pengembangan sdm yang dapat anda ikuti baik secara private ataupun beberapa peserta dalam satu kelas.

Pelatihan yang ditawarkan PITMA tentunya komprehensif, intensif dan fleksibel. Sehingga Anda bisa mengikuti setiap pelatihan dan pengembangan sdm era digital pada waktu yang sesuai dengan jadwal Anda.

Dengan pelatihan dan pengembangan sdm era digital dari PITMA, tentunya akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam melamar kerja. Ayo, segera mulai upgrade diri bersama PITMA!

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM

manfaat pelatihan dan pengembangan sdm di lingkungan kerja

Manfaat pelatihan dan pengembangan SDM dapat berpengaruh secara positif terhadap karir sdm dalam beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat pelatihan dan pengembangan sdm segi promosi: Karena dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, dapat membuat karyawan yang potensial untuk naik jabatan di perusahaan.
  2. Manfaat pelatihan dan pengembangan sdm segi gaji: Dengan meningkatnya kompetensi dan kualifikasi sdm melalui pelatihan dan pengembangan sdm, mereka menjadi lebih bernilai dan dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi sebagai imbalan atas kontribusi yang lebih besar.
  3. Manfaat pelatihan dan pengembangan sdm segi perusahaan: karyawan yang aktif mengikuti pelatihan dan pengembangan biasanya akan menjadi lebih berdedikasi dan berorientasi pada pengembangan diri, yang akhirnya meningkatkan produktivitas perusahaan lebih baik.
  4. Manfaat pelatihan dan pengembangan sdm segi individu: Karena dapat menjadi aset berharga dalam individu mereka, program pelatihan dan pengembangan sdm yang spesifik, seperti pelatihan kepemimpinan, soft skills, hard skills, atau interpersonal skills, dapat membantu sdm mengembangkan keterampilan khusus yang dapat menjadi aset berharga dalam mengembangkan indvidu mereka di bidang yang mereka minati.

Selain itu, manfaat pelatihan dan pengembangan sdm melatih tanggung jawab, mengikuti perkembangan industri dan teknologi, beradaptasi dengan dinamika pekerjaan, dan mampu melewati tantangan.

Pendaftaran Pelatihan dan Pengembangan SDM

Untuk proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan menguhubungi kontak yang tersedia di laman website untuk mendapatkan informasi dan penawaran khusus dari kami.

Tunggu apalagi? segera hubungi PITMA di tombol yang tersedia di laman website kami, dan jangan lupa follow akun instagram kami di @pilarteknotama.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?